4 Kontroversi Kaesang Pangarep, dari Jet Pribadi hingga Rompi Putra Mulyono

Rabu, 25 September 2024 - 13:48 WIB
loading...
4 Kontroversi Kaesang...
Deretan kontroversi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep diulas dalam artikel ini. Foto/X Sigit Widodo
A A A
JAKARTA - Deretan kontroversi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep diulas dalam artikel ini. Terbaru, Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mengenakan rompi bertuliskan Putra Mulyono.

Sebelum terjun ke dunia politik, suami Erina Gudono ini punya aktivitas sebagai pengusaha makanan dan YouTuber. Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 25 Desember 1994 ini adalah anak bungsu dari tiga bersaudara, yaitu Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Selain itu, dia juga doyan menulis di blog pribadinya, yang diberi nama Diary Anak Kampung di misterkacang.blogspot.com. Bahkan, salah satu curhatannya di blog pribadinya itu termasuk yang bikin heboh.

Berikut deretan kontroversi Kaesang yang bikin heboh




1. Makan Babi di Singapura


Peristiwa ini terjadi pada 2013 ketika pertama kali ke Singapura. Pengakuannya itu dituliskan di blog pribadinya, misterkacang.blogspot.com. Dalam tulisannya tersebut, dia menceritakan pengalaman ketika di Singapore Institute of Management University.

Awalnya, dia penasaran dengan daging gede berbentuk kotak di sebuah foodcourt. Dia mengakui daging tersebut terleihat enak. Kemudian, dia memesan 1 porsi daging tersebut.

“Dagingnya itu super lembut, empuk dan maknyus. Setelah gue makan, rencananya gue pengen bawa pulang 1 porsi lagi untuk di asrama nanti,” katanya.



Waktu itu, dia baru kepikiran untuk mengetahui daging apa yang telah dimakannya itu. Dia terkejut ketika sang penjual memberitahu bahwa daging babi.

Dia mengaku pertama kali ke Singapura sudah bikin dosa. Namun, dia mengakui daging babi tersebut enak banget dan bikin ngangenin. Lantaran merasa dosa telah makan babi, dia pun langsung mencari masjid untuk bertobat atau ibadah.

2. Jadi Ketum PSI setelah baru dua hari menjadi anggota


Kaesang menerima Kartu Tanda Anggota (KTA) PSI atau friendship card di Kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (23/9/2023). KTA PSI secara simbolis diserahkan Ketua Umum PSI saat itu Giring Ganesha.

Giring didampingi Ketua Dewan Pembina Grace Natalie, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni, Sekjen PSI Isyana Bagoes Oka, dan sejumlah kader lainnya. Dua hari setelahnya, Kaesang resmi menjabat Ketua Umum (Ketum) PSI.

Kaesang Pangarep diangkat sebagai Ketum PSI menggantikan Giring Ganesha. Giring kini diangkat menjadi Dewan Pembina PSI bersama dengan Grace Natalie dan Isyana Bagoes Oka. Hal tersebut disampaikan saat acara Kopdarnas Deklarasi Politik PSI yang diadakan di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9/2023).

"Memutuskan pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum PSI periode 2023-2028," kata Ketua Pembina PSI Grace Natalie.

Kaesang ditemani oleh istrinya Erina Gudono saat pengangkatan Kaesang menjadi Ketua Umum PSI. Buket bunga mawar pun diserahkan Giring Ganesha.

Dalam sambutannya, Kaesang menyampaikan beberapa poin. Salah satu poin Kaesang adalah ingin berpolitik mengikuti jejak ayahnya yakni Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

"Beliau sangat saya cintai dan hormati, saya ingin ikuti jejak beliau berpolitik untuk kebaikan," kata Kaesang saat menyampaikan sambutannya.

"Kepada Bapak, saya ingin menyampaikan, saya mau menempuh jalan (seperti) Bapak, semoga Gusti Allah memberkahi jalan yang saya pilih," imbuh Kaesang.

3. Nebeng jet pribadi teman


Kontroversi ini berawal ketika sang istri, Erina Gudono mengunggah di media sosialnya dengan keterangan “Go To USA”. Pada foto yang diunggah Erina, jendela pesawat tampak bukan pesawat komersil.

Kemudian, kecurigaan netizen mengenai Kaesang dan Erina naik jet pribadi pun terjawab oleh video viral yang menampilkan keduanya turun dari pesawat jet Gulfstream G650ER di Bandara Adi Soemarmo, Surakarta.

Desakan agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan gratifikasi Kaesang pun bergulir. Kaesang akhirnya mendatangi Gedung KPK. Namun, gedung lama KPK atau Kantor Dewan Pengawas KPK yang disambanginya pada Selasa (17/9/2024). Kaesang ke sana untuk mengklarifikasi penggunaan jet pribadi saat plesiran ke Amerika Serikat bersama sang istri Erina Gudono.

Menurut dia, jet pribadi yang ditumpanginya merupakan milik seorang rekan atau temannya. "Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya," ujar Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Sayangnya, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tak menyebutkan sosok temannya tersebut. "Jadi intinya untuk lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke KPK untuk lebih detilnya dan lebih lanjutnya," kata adik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka itu.

Dalih nebeng itu pun ramai hingga trending topic media sosial X. Dalih Kaesang Pangarep nebeng alias numpang teman saat menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat pun dikritik Pakar Telematika Roy Suryo. Menurut data yang dikantongi Roy, pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream yang ditumpangi Kaesang dan Erina Gudono tidak ikut.

Roy mengklaim memiliki data manifest penerbangan tersebut bahkan tidak langsung ke Philadelphia melainkan singgah ke sejumlah daerah di antaranya Los Angeles (LA) hingga Las Vegas. Hal itu disampaikan Roy Suryo dalam acara Rakyat Bersuara: Membaca Fenomena 'Agak Laen' di iNews pada Selasa (17/9/2024).

4. Pakai Rompi bertuliskan Putra Mulyono


Terbaru, blusukan Kaesang Pangarep ke Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Banten pada Selasa, 24 September 2024 menjadi perhatian publik. Sebab, dia mengenakan rompi bertuliskan Putra Mulyono.

Momen tersebut diunggah Ketua DPP PSI Sigit Widodo di media sosial X. “Gara-gara terpesona rompinya Mas Kaesang, sampai banyak yang nggak ngeh ngapain ketum blusukan di Desa Daru. Jadi Mas Ketum mengunjungi rumah Ibu Eva yang kondisinya sangat memprihatinkan. Berukuran 3x6 meter, berdinding bambu, dengan atap campuran daun nipah dan bekas spanduk,” cuit Sigit.



Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra menilai scara umum tidak ada persoalan. Menurut dia, hal itu aktivitas personal dan tidak berdampak pada kepentingan publik.

“Tetapi jika Mulyono itu simbol kritik publik pada kepemimpinan Jokowi, termasuk kritik atas kehidupan mewah Kaesang yang sedang ramai, lalu Kaesang menggunakan itu, maka ini respons kritik publik,” kata Dedi kepada SINDOnews, Rabu (25/9/2024).



Dia menambahkan, Kaesang termasuk Gibran Rakabuming Raka yang pernah juga menggunakan simbol kritik berupa Samsul sebagai pribadi yang tidak berempati pada persoalan publik.

“Cukup memprihatinkan, sikap Kaesang semacam itu menandai kepongahan sebagai keluarga penguasa, bisa saja ia sedang merasa dilindungi oleh kekuasaan, sehingga dengan mudah menihilkan kritik publik untuk intropeksi diri,” tuturnya.

“Yang sangat terlihat, Kaesang, juga Gibran masuk kategori tokoh tanpa empati dan kepedulian pada kepentingan umum. Terbaca dari cara mereka merespons kritik,” pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)