Pembentukan Angkatan Siber, Jokowi: Nanti Diserahkan ke Pemerintah Baru

Kamis, 12 September 2024 - 16:50 WIB
loading...
Pembentukan Angkatan...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai pembentukan angkatan siber. Menurut Jokowi, beberapa negara sudah membangun dan memiliki angkatan siber. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara mengenai pembentukan angkatan siber . Menurut Jokowi, beberapa negara sudah membangun dan memiliki angkatan siber.

"Ya sangat baik. Karena negara-negara lain yang saya lihat ini sudah mulai. Saya melihat ada empat negara yang sudah mulai membangun angkatan keempatnya, angkatan sibernya," kata Jokowi kepada wartawan di IKN, Kalimantan Timur, Kamis (12/9/2024).

Jokowi meyakini, semua negara akan memiliki angkatan siber di masa depan. Meski begitu Jokowi menyerahkan segala keputusan kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto nantinya, terkait angkatan siber.

"Saya rasa nanti semua negara akan menuju ke sana. Termasuk saya kira, tapi nanti biar pemerintah baru Pak Presiden Prabowo Subianto yang akan menuju ke sana," ungkapnya.



Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengungkapkan, telah mendapat instruksi dari Presiden Jokowi untuk membentuk angkatan siber sebagai matra keempat. Hal itu kini terus dibahas di internal militer.

"Saya sudah diperintahkan oleh Pak Presiden. Kemarin juga dari MPR waktu pidato (Sidang Tahunan), untuk membuat angkatan siber," kata Agus ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (3/9/2024).

Dalam hal ini, Agus mengaku pihaknya telah memiliki satuan siber di TNI. Namun kata Agus, memang perlu dioptimalkan sehingga muncul opsi penambahan matra siber.

Terkait hal ini, TNI bakal memprioritaskan warga sipil yang memiliki latar belakang IT untuk bergabung ke satuan siber itu. Sehingga, nantinya akan turut diatur mengenai proses rekrutmen.

"Kan satuan siber sudah ada, hanya tinggal dioptimalkan. Siber itu memang bergantung dengan SDM, itu yang saya prioritaskan rekrutmen dari orang sipil yang memang punya kemampuan IT. Memang rekrutmennya khusus," ujar Agus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)