Berkemeja Putih, Calon Menteri Sri Mulyani Datangi Istana

Selasa, 22 Oktober 2019 - 09:22 WIB
Berkemeja Putih, Calon Menteri Sri Mulyani Datangi Istana
Berkemeja Putih, Calon Menteri Sri Mulyani Datangi Istana
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sekira pukul 09.03 WIB datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019). Sri Mulyani mengenakan kemeja putih dan celana panjang hitam.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai memanggil nama-nama calon menteri kabinet di periode kedua pemerintahannya. Rencananya Jokowi akan memanggil sejumlah nama yang dianggap layak dan kompeten menduduki posisi menteri pada Senin-Selasa (21-22/10). Selanjutnya melantik para menteri pada Rabu (23/10/2019).

Sejauh ini sudah ada 10 nama yang dipanggil ke Istana dan bertemu Jokowi untuk mendapatkan tawaran posisi calon menteri. Namun, dari 10 nama yang dipanggil Jokowi ke istana, hanya beberapa yang bersedia membocorkan posisi menteri yang ditawarkan. Sementara, sisanya belum bersedia membocorkan akan ditempatkan pada kementerian apa?

Kesepuluh nama yang dipanggil Jokowi adalah, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Founder Gojek Nadiem Makarim, Komisaris Utama Net Mediatama Televisi Wishnutama, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional yang juga founder dan chairman PT Mahaka Group, Erick Thohir, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Selanjutnya, Komisaris Utara PT Adhi Karya Persero Tbk. Fadjroel Rahman, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019, Pratikno, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Edhy Prabowo, dan peneliti Populi Center, Nico Harjanto. Satu lagi Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu. Namun, Bupati Minahasa Selatan disebut-sebut bukan calon menteri.

Tidak hanya mereka, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga tampak hadir ke istana negara sekitar pukul 12.10 WIB. Kapolri tiba bersama sejumlah pejabat kepolisian lain seperti Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal dan Koorspripim Kapolri, Kombes Ferdy Sambo.

Pihak Istana Kepresidenan, Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin membenarkan, nama-nama tersebut bertemu langsung dengan Presiden Jokowi pada Senin (21/10/2019).

Sementara itu, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu atau lebih dikenal dengan nama Tetty Paruntu yang tampak datang ke Istana Kepresidenan, bukan calon menteri. "Karena tidak bertemu dengan presiden jadi bukan (calon menteri)," kata Bey, Senin (21/10/2019).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3294 seconds (0.1#10.140)