Karier Militer Mayjen TNI Dian Andriani, Jenderal Bintang 2 Wanita Pertama dari Angkatan Darat

Jum'at, 06 September 2024 - 06:00 WIB
loading...
Karier Militer Mayjen...
Mayjen TNI Dian Andriani Ratna Dewi saat upacara korps kenaikan pangkat di Mabesad. Foto/Dispenad
A A A
JAKARTA - Mayjen Dian Andriani adalah perempuan pertama di Angkatan Darat yang menyandang pangkat jenderal bintang 2 sepanjang sejarah. Ia kini bertugas sebagai Ketua Lembaga Penjamin Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Pertahanan (Unhan).

Dian Andriani lahir pada 3 Juni 1966 di Bandung, Jawa Barat. Kariernya di militer dimulai setelah menyelesaikan pendidikan di Sekolah Perwira Militer Sukarela (Sepalmilsuk) II tahun 1989.

Ketika menempuh pendidikan tersebut, Dian menelateni bidang kesehatan. Setelah lulus, ia kemudian bergabung di Korps Kesehatan Militer (CKM) dan langsung bertugas sebagai perwira pertama Kesdam IV/Diponegoro.



Karier Militer Mayjen Dian Andriani

Dalam riwayat kariernya, Dian Andriani pernah menjabat sebagai Dokter Denkes Paspampres pada 1993, dan Kanit UGD Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya pada 2002.

Setelah itu, Dian dipindah-tugaskan untuk menjabat sebagai Kasubintalwatnap Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya pada 2004. Dua tahun berselang, ia kembali dipindah untuk menjadi Kasubdep Penyakit Kulit & Kelamin Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya.

Pada 2008, Kowad kelahiran Bandung, 3 Juni 1966 itu kembali terkena mutasi untuk bertugas sebagai Sub SMF Gol V Dep. Kulkel Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya.

Dirinya juga pernah dipercaya untuk menjabat sebagai Kainstaldik Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya tahun 2011, dan Kadep Kulkel Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya pada 2013.

Perempuan yang mahir dalam bidang Kesehatan (CKM) ini kemudian dipercaya untuk menjadi Kepala Komite Medik Rumkit Tk.II MRM Kesdam Jaya di tahun 2015. Kemudian, Karumkit Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa Kesdam Jaya di 2017.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)