Presiden Jokowi Sampaikan 4 Poin Penting di Indonesia-Afrika Forum 2024

Senin, 02 September 2024 - 11:05 WIB
loading...
Presiden Jokowi Sampaikan...
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut perlu adanya langkah dan visi baru untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan inklusif bagi negara berkembang. Foto/SINDOnews/raka dwi novianto
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyebut perlu adanya langkah dan visi baru untuk mewujudkan pembangunan yang adil dan inklusif bagi negara berkembang. Dalam kesempatan itu Jokowi menyebut empat poin penting.

"Untuk itu, saya ingin menekankan 4 poin. Yang pertama, pencapaian target SDG harus tetap menjadi fokus utama pembangunan global, yang diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional dan regional termasuk Agenda 2063 Afrika dan didukung Kemitraan Multi-Pihak," kata Jokowi, saat pembukaan Sesi Joint Leaders’ Forum Tingkat Tinggi Kemitraan MultiPihak dan Forum Indonesia-Afrika ke-2, di Bali pada hari ini Senin (2/9/2024)

Poin yang kedua, kata Jokowi, Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global membela kepentingan Global South. "Indonesia berkomitmen menjadi bagian dari solusi global membela kepentingan Global South sekaligus menjadi bridge builder dalam memperjuangkan kesetaraan, keadilan dan solidaritas dalam mempercepat pencapaian SDG. Ini adalah komitmen yang konsisten Indonesia usung sejak Konferensi Asia Afrika 69 tahun yang lalu," tegasnya.



Ketiga, Indonesia siap bermitra dengan siapa pun, utamanya dengan kawasan Afrika sebagai kunci agenda pembangunan global. Menurut Jokowi, hasil kemitraan Indonesia-Afrika sejauh ini sangat nyata membawa peningkatan pesat volume perdagangan dan berbagai kesepakatan perjanjian perdagangan.

"Bahkan, Indonesia-Africa Forum tahun ini telah mencatat kesepakatan bisnis yang nilainya Mencapai USD3,5 miliar, hampir 6 kali lipat dari IAF pertama di 2018," ungkapnya.



Selain itu, kata Jokowi, solidaritas global perlu dihidupkan kembali untuk meningkatkan kerja sama Selatan-Selatan, untuk meningkatkan kerja sama Utara-Selatan sehingga dapat saling melengkapi, dapat saling bahu membahu dalam mengatasi tantangan-tantangan global.

"Dan dengan semangat yang sama tahun depan, Indonesia akan menyelenggarakan Platinum Jubilee of the Asian African Conference, memperingati 70 tahun KTT Asia Afrika," tandasnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)