alexametrics

Ini Kriteria dan Nama-nama Menteri Jilid I yang Bakal Dipertahankan Jokowi

loading...
Ini Kriteria dan Nama-nama Menteri Jilid I yang Bakal Dipertahankan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers di Istana Negara. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Desas-desus nama calon menteri yang bakal menemani pemeritahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin semakin sering terdengar menjelang pelantikan pada 20 Oktober 2019 mendatang. Tidak hanya nama-nama baru, nama-nama lama pun ikut dikaitkan bakal mengisi kabinet menteri jilid II Jokowi-Ma'ruf.

Menanggapi itu, Analis Politik Arif Nurul Iman menilai, Jokowi bakal mempertahankan beberapa menteri dalam kabinet kerjanya jilid I. "Kemungkinan menteri Jokowi periode kedua masih ada beberapa menteri yang dipertahankan," ujar Arif saat dihubungi Sindonews, Kamis (10/10/2019).

Arif menjelaskan, para menteri yang bakal bertahan dan dipilih lagi oleh Jokowi memiliki beberapa faktor, yakni karena alasan kinerja pada periode kemarin dianggap baik bisa menerjemahkan keinginan Jokowi.



"Kedua, alasan politis menteri yang bertahan disamping karena kinerja baik tapi juga memiliki sandaran politik baik parpol maupun kekuatan politik lainnya yang ada di sekeliling Jokowi," jelasnya.

Arif pun juga memprediksi siapa saja menteri jilid I yang akan bertahan dan akan masuk kabinet kerja menteri jilid kedua di bawah pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Beberapa menteri yang kemungkinan bertahan atau hanya geser posisi kemungkinan Mensesneg Pratikno, Menseskab Pramono Anung, Menaker Hanif Dhakiri, Menkeu Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri PUPR Basuki, Menteri Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi," tuturnya.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak