alexametrics

BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan

loading...
BMKG: Sebagian Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan
BMKG memprediksi dalam seminggu ke depan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Indonesia bagian barat, mulai dari Aceh, Sumut, sebagian Kalimantan dan Papua. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam seminggu kedepan hujan akan mengguyur sebagian wilayah Indonesia bagian barat, mulai dari Aceh, Sumatera Utara, sebagian Kalimantan dan Papua.

“Bagaimana prediksi harian sampai satu minggu ke depan? Mulai dari 2 Oktober sampai dengan 7 Oktober, mulai dari periode satu minggu ini ada potensi hujan sedang hingga lebat berada mengguyur sebagian wilayah Indonesia bagian barat, mulai dari Aceh, Sumatera Utara, sebagian Kalimantan dan Papua,” ungkap Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG, Indra Gustari pada Konferensi Pers Penanganan Bencana Hingga Bulan Oktober 2019 di Ruang Serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho, Gedung BNPB, Jakarta (2/10/2019).

Namun, untuk sebagian wilayah di Sumatera bagian selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara curah hujannya masih kurang sehingga probabilitas kualitas potensi hujannya masih kecil.



“Kita membagi menjadi tiga di 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga di bulan September. Hampir di bulan September curah hujan di sebagian wilayah Indonesia kriteria rendah di sebagian Aceh dan Sumatera Utara, dan hanya sebagian kecil yang menengah. Seperti kita lihat di Papua khususnya Tengah dan Timur dimana lebih banyak area hujannya menengah. Tapi sebagian besar di wilayah Indonesia curah hujannya hanya dibawah 10 mm/10 hari,” tutur Indra.

Sementara berdasarkan pantauan BMKG, ada wilayah Indonesia yang belum sama sekali hujan lebih dari 30 atau 60 hari.

“Bahkan di daerah Rambang Aru, Nusa Tenggara ini menjadi daerah yang paling panjang tidak terjadi hujan sampai dengan 30 September 2019 tercatat 198 hari tidak ada hujan di daerah tersebut berdasarkan pantauan kita di lapangan,” ungkap Indra.

Ditanya prediksi curah hujan di Indonesia dalam beberapa bulan ke depan, Indra menjelaskan hari tanpa hujan diprediksi mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, dan Jawa meski masih kecil probabilitas potensi hujannya.

"Daerah potensi hujan masih di Aceh dan Sumatera Utara, sebagian Kalimantan, Sulawesi sebagian dan Papua. Dan potensi hujan untuk Lampung, Jawa, Bali Nusa Tenggara masih sangat rendah. Bukan berati tidak ada hujan, akan tetapi intensitasnya masih rendah,” tuturnya.

Sebaliknya, bergerak ke bulan November sebagian wilayah Jawa ada potensi hujan tapi intensitasnya di tingkat menengah. Sedangkan di bulan Desember sebagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan, artinya curah hujan cukup tinggi dengan intensitas antara 200 sampai 300 mm dalam satu bulan.
(dam)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak