KPK Akan Klarifikasi Kaesang Soal Pesawat Jet Pribadi

Rabu, 28 Agustus 2024 - 14:58 WIB
loading...
KPK Akan Klarifikasi...
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyatakan telah menginstruksikan Direktur Gratifikasi menelusuri viralnya Kaesang Pangarep yang berpergian ke luar negeri menggunakan pesawat jet probadi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyatakan telah menginstruksikan Direktur Gratifikasi menelusuri viralnya Kaesang Pangarep yang berpergian ke luar negeri menggunakan pesawat jet probadi.

Diketahui, aktivitas Kaesang yang dilakukan bersama istrinya tersebut menjadi sorotan karena nilai sewa pesawat jet yang dimaksud ditaksir mencapai miliaran rupiah.

"Kita berprinsip semua orang berkedudukan sama di depan hukum, pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan Direktur Gratifikasi, 'tolong dong itu informasi informasi dari media itu diklarifikasi'," kata Alex saat konferensi pers di kantornya yang dikutip Rabu (28/8/2024).



Alex menyebutkan, perjalanan Kaesang itu ramai menjadi perbincangan di masyarakat. Akan hal itu, perlu tindakan yang menjawab pertanyaan publik tersebut. "Jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung, ini apa ini kejadiannya, apakah masuk gratifikasi? siapa yang memberikan fasilitas itu dan sebagainya harus clear," ujarnya.

Meski bukan penyelenggara negara, Alex menjelaskan Kaesang tetap bisa dimintai klarifikasi. Pasalnya, dirinya berstatus sebagai anak Presiden. "Secara umum bisa, ya kalau nggak bisa ya kayak saya, saya suruh saja anak saya untuk 'kamu terima saja semua itu', selesai sudah, bukan saya yang melakukan, itu anak saya," ucapnya.



Di sisi lain, Alex menegaskan Kaesang tidak perlu dimintai klarifikasi jika Ketua Umum PSI itu mampu membuktikan penggunaan pesawat jet tersebut dari kantong pribadinya. "Masyarakat pengin tahu dalam kapasitas sebagai apa yang bersangkutan menerima fasilitas dan sebagainya, apakah membayar sendiri? ataukah free? kan begitu, kalau membayar sendiri kan selesai, nggak ada persoalan, 'saya bayar sendiri pak', ya sudah," ujar Alex.

Diberitakan sebelumnya, heboh di jagat media sosial, Kaesang Pangarep dan sang istri Erina Gudono disinyalir menyewa pesawat jet pribadi mewah saat ke Amerika Serikat (AS). "USA here we go," tulis Erina dalam insta story di akun Instagram pribadinya, Jakarta, Kamis, 22 Agustus 2024.

Postingan ini lantas mengundang rasa penasaran netizen. Sebab, netizen menduga Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyewa pesawat jet pribadi mewah. Hal ini terlihat saat Erina memamerkan view jendela pesawatnya.

View jendela pesawat yang dipamerkan Erina Gudono merupakan view dari dalam pesawat milik Gulfstream, sebuah pesawat carter.

"Pesawat pribadi (private jet) yang diduga dipakai Kaesang dan istrinya ke Amerika Serikat dari Indonesia adalah Gulfstream G650 buatan tahun 2021 dengan tail number N588SE. Data penerbangan cocok dengan keberadaan Kaesang dan Erina di AS. Clue awal dari jendela," tulis akun X @Za**iAma**.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)