Profil Airin Rachmi Diany yang Diusung PDIP sebagai Cagub di Pilkada Banten 2024

Senin, 26 Agustus 2024 - 15:22 WIB
loading...
Profil Airin Rachmi...
Mantan Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany diusung PDIP sebagai cagub di Pilkada Banten 2024. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Airin Rachmi Diany merupakan politikus perempuan berpengalaman yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Tangerang Selatan selama dua periode. Kini Airin Rachmi diusung PDIP sebagai calon gubernur (cagub) dalam Pilkada Banten 2024.

Pada Pilkada Banten 2024, Airin memutuskan maju sebagai calon gubernur, meski tanpa dukungan partainya, Partai Golkar. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menduetkan Airin Rachmi dengan kadernya sendiri Ade Sumardi.



Karier dan Pencapaian Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany lahir di Banjar, Jawa Barat, pada 28 Agustus 1976. Ia memulai kariernya sebagai notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) di Kabupaten Tangerang. Karier politiknya dimulai pada 2008 ketika ia masuk bursa sebagai Calon Wakil Bupati Tangerang.

Meski tidak berhasil memenangkan pemilihan tersebut, tapi kegigihannya membawa Airin maju dalam Pilkada Tangerang Selatan pada 2010. Ia berhasil terpilih sebagai Wali Kota Tangsel dan kemudian terpilih kembali untuk periode kedua pada 2016.

Sebagai wali kota, Airin dikenal berhasil membawa banyak perubahan di Tangsel. Ia aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan dan dikenal atas kepemimpinannya yang inovatif, terutama dalam penanganan pandemi COVID-19. Berkat berbagai inovasi tersebut, Airin mendapatkan penghargaan sebagai Wali Kota Terbaik.

Di sisi lain, perjalanan politik Airin tidak mulus. Ia pernah menghadapi masa sulit ketika suaminya, Tubagus Chaeri Wardana, terjerat kasus korupsi yang menggemparkan publik. Meskipun demikian, Airin tetap teguh dan tidak terlibat dalam kasus tersebut. Ia tetap menjalankan tugasnya sebagai Wali Kota hingga masa jabatan berakhir pada 2021.



Pendidikan dan Keluarga

Airin merupakan sosok yang berpendidikan tinggi. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Parahyangan, Bandung, pada 1999. Tak hanya itu, ia juga menamatkan program Magister Hukum di Universitas Padjadjaran pada 2005, dan baru-baru ini, pada 2023, ia meraih gelar doktor dari universitas yang sama. Gelar doktor tersebut diraihnya dengan predikat cum laude melalui disertasinya yang berfokus pada pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem hukum pertanahan di Indonesia.

Dalam kehidupan pribadinya, Airin menikah dengan Tubagus Chaeri Wardana, adik dari Ratu Atut Chosiyah, mantan Gubernur Banten. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai dua orang anak. Meski suaminya menghadapi berbagai kasus hukum, Airin tetap berusaha menjaga citranya sebagai figur politik yang bersih.

Maju di Pilgub Banten 2024

Keputusan Airin untuk maju di Pilgub Banten 2024 dengan dukungan PDIP mungkin mengejutkan banyak pihak, terutama karena ia merupakan politikus Partai Golkar yang sebelumnya selalu didukung partainya. Namun, Golkar telah memutuskan untuk mendukung pasangan calon lain yang disepakati oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1125 seconds (0.1#10.140)