Djarot Sebut PDIP Umumkan Cagub Jakarta, Jateng hingga Banten Siang Ini

Senin, 26 Agustus 2024 - 10:00 WIB
loading...
Djarot Sebut PDIP Umumkan...
Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menyebut PDIP akan mengumumkan calon kepala daerah pada siang nanti. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - PDI Perjuangan ( PDIP ) dikabarkan bakal mengumumkan calon gubernur (cagub) untuk Pilkada Jakarta, Jawa Tengah hingga Banten. Rencananya, pengumuman itu dilakukan pada siang nanti.

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat meminta agar publik bisa menunggu pengumuman pada Senin (26/8/2024) siang. "Tunggu pengumuman nanti siang ya," kata Djarotn saat dikonfirmasi, Senin (26/8/2024).

Sebelumnya, PDIP bakal mengumumkan nama yang akan diusung untuk kontestasi Pilkada Serentak 2024 termasuk di DKI Jakarta, dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menurunkan ambang batas pencalonan kepala daerah.



Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan Partai PDIP Komarudin Watubun mengungkap pengumuman pihaknya akan segera mengumumkan nama yang diusung di Jakarta. Terlebih lagi, waktu pendaftaraan calon kian dekat.

"Ya, mungkin akhir-akhir Minggu ini tanggal 23-24 itu gelombang terakhir. Untuk keputusan-keputusan rekomendasi ke daerah. Kan ada mesti koalisi," kata Komaruddin di Jakarta, Selasa, 20 Agustus 2024.



"Tapi dengan keputusan MK ini memberi ruang untuk semua calon bisa berkesempatan. Hanya lihat tinggal persentasenya. Tetap juga ada persentasenya. Tapi persentasenya lebih ringan," lanjutnya.

Sementara itu, PDIP resmi mengusung Wakil Ketua Umum Partai Golkar Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur Banten 2024.

Airin dipasangkan dengan Ketua DPD PDIP Banten Ade Sumardi. Deklarasi itu dilakukan di ICE BSD, Tangerang Selatan, Minggu, 25 Agustus 2024.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengatakan, dukungan yang diberikan kepada pasangan Airin-Ade telah berjalan selama kurang lebih 2 bulan.

“Alhamdulillah sejak 7 Juni 2024 saya banyak berkomunikasi dengan Ketua DPD Golkar (Banten) Bu Tatu (Tatu Chasanah), untuk menjajaki kerja sama politik ini. Hampir 2 bulan 17 hari untuk mendiskusikan peluang kerja sama itu,” kata Basarah.

“Bahwa saya bersama Ibu Ribka Tjiptaning mereka mengusulkan agar kerja sama politik dengan Partai Golkar di Pilgub Banten untuk mengusung Airin-Ade sebagai cagub-cawagub provinsi Banten,” sambung dia.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1557 seconds (0.1#10.140)