Profil Marsma Sulastri Baso, Wara yang Sukses Raih Pangkat Perwira Tinggi TNI AU

Minggu, 18 Agustus 2024 - 09:02 WIB
loading...
Profil Marsma Sulastri...
Marsma TNI (Purn) Sulastri Baso merupakan salah satu Wanita Angkatan Udara (Wara) yang berhasil menyandang pangkat Perwira Tinggi (Pati) TNI AU. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Marsma TNI (Purn) Sulastri Baso merupakan salah satu Wanita Angkatan Udara (Wara) yang berhasil menyandang pangkat Perwira Tinggi (Pati) TNI AU .

Sulastri tercatat mendapatkan pangkat jenderal bintang 1 di tahun 2013 tepatnya sebelum pensiun tahun 2014.



Diangkatnya Sulastri menjadi Marsekal Pertama membuatnya jadi Wara ke-7 yang sukses mencapai level Pati TNI AU.

Profil Marsma Sulastri Baso

Sulastri Baso lahir di Makassar, Sulawesi Selatan. Dia memulai karier di dunia militer sebagai Bintara Wara Sekolah Bintara Angkatan VI tahun 1979.

Ketertarikannya di dunia militer sebenarnya tidak sengaja. Putri pasangan Baso dan Sabaria ini dimulai saat dia membaca dan melihat gambar seorang Wara yang ada di selembaran.

Pada masa awal kariernya di militer, Sulastri menduduki beberapa jabatan hingga dilantik menjadi Penerbang TNI Angkatan Udara bersama penerbang pria lainnya pada 2 Maret 1982 oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Ashadi Tjahjadi.

Ketika itu, Sulastri mengambil spesialisasi pesawat angkut militer setelah lulus Sulastri langsung memegang kendali pesawat angkut VIP di Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dalam riwayat kariernya, dia juga pernah menjadi Kasiops Skadud 31 Wing I Lanud Halim Perdanakusuma, Kasilatsat Subditlatva Silatsat Ditopslatau, dan Pabandarenlatsat Pabandyalatsat Paban III/Lat.

Kemudian, Sulastro juga pernah mengemban beberapa posisi strategis yakni Pabandya Dukops Koopsau I, Danlanud Sam Ratulangi, Aspers Kosek Hanudnas II Makassar, dan Dostun Gol IV Seskoau.

Puncak kariernya pada tahun 2013 ketika diangkat menjadi Dirjian Air Power Seskoau. Dari posisi itulah dirinya mendapatkan pangkat Marsekal Pertama TNI AU.

Sepanjang kariernya, Sulastri telah beberapa kali meraih penghargaan, mulai dari Brevet Penerbang Kelas I TNI AU, Bintang Yudha Dharma Nararya, hingga sejumlah penghargaan Satyalancana.
(jon)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0985 seconds (0.1#10.140)