Profil Perwira TNI Sawung Setiawan Peraih Adhi Makayasa Akmil 2023

Kamis, 27 Juli 2023 - 02:38 WIB
loading...
Profil Perwira TNI Sawung Setiawan Peraih Adhi Makayasa Akmil 2023
Sermadatar Sawung Setiawan dari Akademi Militer (Akmil) 2023. Foto/YouTube Penhumasakmil
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik dan mengambil sumpah 833 calon perwira remaja (capaja) TNI dan Polri. Kegiatan ini digelar dilakukan pada upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI-Polri Tahun 2023, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 26 Juli 2023.

Turut dibacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing-masing akademi pada proses pelantikan dan pengambilan sumpah 833 capaja TNI-Polri tersebut.

Ada empat perwira lulus dengan predikat terbaik, salah satunya adalah Sermadatar Sawung Setiawan dari Akademi Militer (Akmil) 2023.



Dikutip dari YouTube penhumasakmil, Kamis (27/7/2023), Sawung Setiawan mendapat kesempatan menjadi Komandan Resimen Korps Taruna (Danmenkorpstar) Akmil. Danmenkorpstar sendiri merupakan jabatan tertinggi yang mampu diraih para taruna Akmil.

Danmenkorpstar ini memiliki tanggung jawab untuk menjalankan fungsi organisasi Resimen Korps Taruna. Sawung merupakan pemilik nomor akademi 2019004 ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

"Saat pertama kali menjadi taruna, saya juga tidak punya gambaran atau cita-cita saat di Akmil ini akan menjadi Danmenkorps. Cita-cita saya dulu yang penting saya jadi taruna," kata Sawung.

Tapi kata Sawung, saat proses pendidikan di Akmil, dari pengasuh, rekan-rekan, menilai taruna-taruna yang sedang melaksanakan pendidikan.

"Selama proses pendidikan, mungkin dari pengasuh melihat saya punya potensi untuk nantinya bisa lebih baik lagi. Alhamdulillah dilihat potensi sikap dan akademik, jasmani, saya memiliki keunggulan terhadap rekan-rekan saya," ucap Sawung.

"Di situ terlihat nanti ada 10 besar taruna yang diutamakan untuk mengikuti seleksi menjadi Danmenkorps," sambungnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1100 seconds (0.1#10.140)
pixels