Unik, Purnawirawan TNI AL Gelar Upacara HUT ke-79 RI di KRI Dr Rajiman Wedyodiningrat

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 19:29 WIB
loading...
Unik, Purnawirawan TNI...
Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji menggelar HUT ke-79 RI di atas kapal perang KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat-992. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI. Uniknya, upacara yang dipimpin Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji ini digelar di atas kapal perang KRI Dr Radjiman Wedyodiningrat-992.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, KRI RJW-992 bertolak dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk berlayar di Perairan Teluk Jakarta sekitar pukul 07.30 WIB. Ketika waktu menunjukkan tepat pukul 10.00 WIB, terdengar bunyi gaok kapal sebagai tanda puncak peringatan detik-detik Proklamasi.

Para peserta upacara kemudian mengheningkan cipta selama tiga menit. Upacara Peringatan HUT ke 79 RI berlangsung sangat khidmat yang ditandai dengan pembacaan teks Proklamasi. Selesai upacara HUT RI, kegiatan dilanjutkan dengan HUT ke-38 PPAL yang mengusung tema “Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan, Kita Tingkatkan Kesejahteraan Anggota PPAL".



”Kegiatan ini bertujuan sebagai sarana untuk membangun kebersamaan serta bersilaturahmi antara pengurus PPAL pusat dengan seluruh anggotanya dan prajurit TNI AL yang masih aktif dengan harapan silaturahmi lintas generasi dapat terbangun sebagaimana misi dari PPAL,” ujarnya, Sabtu (17/8/2024).

Ketua Umum PPAL menyampaikan, tujuan utama dari kegiatan memperingati HUT ke-79 RI ini yaitu rasa syukur sebagai bangsa yang telah diwarisi sebuah negara yang merdeka dengan perjuangan pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan yang rela mengorbankan jiwanya untuk memperjuangkan kemerdekaan, sebagai purnawirawan Angkatan Laut ikut melestarikan nilai-nilai jiwa berkorban serta bela negara kepada generasi muda khususnya generasi muda maritime.



“Menaiki kapal perang sambil berlayar merupakan kekhususan kita PPAL dalam memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-79. Bersamaan hari ini pula PPAL telah berusia 38 tahun tentu moment ini bersama kita wujudkan rasa kesatuan dan persatuan baik antargenerasi baik yang masih aktif maupun purna serta elemen maritim lainnya sebagaimana tema HUT PPAL,” ucapnya.

PPAL yang lahir pada 17 Agustus 1986, pada awalnya bernama Badan Kontak Purnawirawan Angkatan Laut (BKPAL). BKPAL kemudian berubah menjadi PPAL dipimpin oleh Laksda TNI Purn Kandiawan Affandi, Laksamana TNI Purn Achmad Soetjipto, Laksdya TNI Purn Djoko Sumaryono, Laksamana TNI Purn Ade Supandi. Sejak Desember 2021 hingga sekarang Ketua Umum PPAL adalah Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji.

PPAL sesuai misi dan visinya telah berusaha membantu meningkatkan kesejahteraan para purnawirawan TNI Angkatan Laut yang saat ini jumlahnya mencapai sebanyak 57.000 orang.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)