Isi Lengkap Pidato Kenegaraan Terakhir Presiden Jokowi di Sidang Tahunan 2024

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 14:26 WIB
loading...
Isi Lengkap Pidato Kenegaraan...
Presiden Jokowi telah menyampaikan pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyampaikan pidato kenegaraannya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD, di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Pidato kenegaraan Jokowi kali ini menjadi yang terakhir, setelah menjabat selama 10 tahun sebagai Presiden.

Mengawali pidatonya, Jokowi tidak lupa untuk berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Indonesia. Dia juga membeberkan sejumlah capaian kinerja pemerintahan yang dipimpinnya selama 10 tahun. Bahkan, Jokowi mengatakan di masa pemerintahannya bisa membangun fondasi dan peradaban baru.

“Alhamdulillah, selama 10 tahun ini kita telah mampu membangun sebuah fondasi dan peradaban baru, dengan pembangunan yang Indonesiasentris, membangun dari pinggiran, membangun dari desa dan membangun dari daerah terluar,” kata Jokowi.



Tidak lupa di akhir pidatonya, Jokowi yang didampingi oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengucapkan permintaan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia. “Di penghujung masa jabatan ini, izinkan saya menyampaikan suara nurani terdalam kepada bapak, ibu, saudara-saudara se-bangsa dan se-Tanah Air, kepada seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali satu pun.”



“Saya dan K.H. Ma’ruf Amin mohon maaf. Mohon maaf untuk setiap hati yang mungkin kecewa, untuk setiap harapan yang mungkin belum bisa terwujud, untuk setiap cita-cita yang mungkin belum bisa tergapai. Sekali lagi, kami mohon maaf, kami mohon maaf,” tutupnya.

Berikut isi lengkap pidato kenegaraan Presiden Jokowi di sidang tahunan MPR-DPR-DPD 2024:

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.

Bapak,Ibu, Saudara-saudara se-Bangsa dan se-Tanah Air, Para hadirin yang saya muliakan,
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)