Daftar 12 Ketum Golkar, dari Djuhartono hingga Airlangga Hartarto

Kamis, 15 Agustus 2024 - 11:35 WIB
loading...
Daftar 12 Ketum Golkar,...
Posisi Ketum DPP Partai Golkar telah kosong usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri, yang munculkan sejumlah isu terkait mundurnya Airlangga tersebut. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Posisi Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar telah kosong usai Airlangga Hartarto mengundurkan diri. Muncul sejumlah isu terkait mundurnya ketum partai berlambang pohon beringin itu.

Salah satu isu yang gencar diberitakan adalah mundurnya Airlangga adalah karena dijatuhkan oleh beberapa pihak, sebab Menko Perekonomian itu seharusnya masih bisa menjabat hingga Desember 2024. Namun isu itu langsung dibantah oleh para petinggi Partai Golkar.

Setelah Airlangga mundur, spekulasi terkait Ketua Umum Golkar yang baru lantas bermunculan. Beberapa nama yang dianggap pantas mengisi jabatan itu di antaranya adalah Wakil Ketua Umum Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Selain dua nama itu, muncul juga nama Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Nama anak Presiden Jokowi ini muncul dalam poster yang dibuat Koalisi Muda Pembaharuan Golkar atau KMPG.



Dalam sejarahnya, Golkar telah dipimpin oleh 11 Ketua Umum semenjak didirikan sejak 1950-an. Menurut laman resminya, pada awal berdiri Golkar bukanlah partai, melainkan perwakilan golongan melalui Golongan Karya.

Golkar beralih menjadi sebuah partai politik ketika Bung Karno dan Jenderal TNI (Purn) Abdul Haris Nasution bersama dengan Angkatan Darat, mengubah Golkar sebagai sebuah partai politik untuk melawan PKI.

Berikut 12 Daftar Ketum Golkar, yakni:

1. Brigjen TNI (Purn) Djuhartono

Masa Jabatan : 20 Oktober 1964 - 7 November 1967
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)