Apa Keahlian Kopassus? Pasukan yang Dibekali dengan Berbagai Kemampuan Tempur

Rabu, 14 Agustus 2024 - 19:03 WIB
loading...
Apa Keahlian Kopassus?...
Komando Pasukan Khusus atau yang dikenal dengan Kopassus, punya lima grup satuan. Salah satunya adalah satuan antiteror yang bermarkas di Cijantung. Foto/Pen Kopassus
A A A
JAKARTA - Apa keahlian Kopassus dan mengapa mereka menjadi salah satu pasukan yang paling disegani di Indonesia? Pertanyaan ini kerap dilontarkan oleh setiap pihak yang belum mengetahui secara detail Koprs Baret Merah.

Dalam sejarahnya, pasukan khusus yang terbentuk pada 16 April 1952 ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengalaman medan dan kemampuan tembak yang dimiliki militer Indonesia ketika berhadapan dengan pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS).

Pasukan yang dibentuk oleh Kolonel AE Kawilarang ini lantas dilatih guna menghadapi pertempuran di medan berat. Tak heran jika mereka memiliki kemampuan tempur yang lebih handal ketimbang satuan lain di Angkatan Darat.



Keahlian Kopassus

Menurut buku bertajuk 'Kopassus untuk Indonesia', pasukan yang memiliki motto 'Lebih Baik Pulang Nama daripada Gagal di Medan Laga' ini dibekali kemampuan khusus seperti bergerak dengan senyap di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan antiterror.

Setiap prajurit Kopassus wajib memiliki kemampuan bertempur di segala medan perang, baik itu darat, laut, maupun udara. Mereka juga harus mengetahui berbagai taktik dan ilmu perang khusus.

Pada saat seleksi para calon anggota Kopassus akan mendapatkan berbagai pelatihan penting. Seperti cara hidup di hutan, latihan pelolosan, pendaratan perahu karet, renang ponco, hingga bertahan hidup di laut.

Selain taktik dan cara untuk survive, para anggota Kopassus juga harus punya kemampuan menembak yang mumpuni. Dikutip dari laman resmi Kopassus, seorang anggota Kopassus harus memiliki nilai tembak 90 pada 3 sikap, yakni duduk, berdiri, maupun tiarap.



Para pasukan Baret Merah ini juga harus mengetahui dan menggunakan berbagai jenis senjata, baik tradisional maupun modern.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)