Kaltim, Provinsi Terluas Kedua dengan Sumber Daya Alam Melimpah

Senin, 26 Agustus 2019 - 15:06 WIB
Kaltim, Provinsi Terluas Kedua dengan Sumber Daya Alam Melimpah
Kaltim, Provinsi Terluas Kedua dengan Sumber Daya Alam Melimpah
A A A
JAKARTA - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan salah satu provinsi terluas kedua setelah Papua. Kaltim memiliki potensi sumber daya alam melimpah, sebagian besar potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kaltimprov.go.id, Kaltim memiliki luas wilayah daratan 127.267,52 km2 dan luas pengelolaan laut 25.656 km2 dengan ibu kota Samarinda. Kaltim dibagi menjadi 7 kabupaten, 3 kota, 107 kecamatan, dan 1.032 desa/kelurahan.

Tujuh kabupaten dan tiga kota di Kaltim, adalah Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Paser, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kota Bontang, dan Kota Samarinda.

Hasil sumber daya alam sebagian besar diekspor keluar negeri, sehingga Kaltim merupakan penghasil devisa utama bagi negara, khususnya dari sektor pertambangan dan kehutanan.

Hasil tambang Kaltim, di antaranya minyak, gas alam, dan batu bara. Sektor lain yang sedang berkembang, adalah agrikultur, pariwisata dan industri pengolahan.

Beberapa daerah seperti Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang demi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Sedangkan kabupaten di Kaltim mulai membuka wilayahnya untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit.

Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan pariwisata yang menarik seperti kepulauan Derawan di Berau, Taman Nasional Kayan Mentarang dan Pantai Batu Lamampu di Nunukan, peternakan buaya di Balikpapan, peternakan rusa di Penajam, Kampung Dayak Pampang di Samarinda, Pantai Amal di Kota Tarakan, dan Pulau Kumala di Tenggarong.

Secara administratif provinsi ini memiliki batas wilayah sebelah Utara berbatasan dengan Kalimantan Utara. Sebelah Timur berbatasan dengan sebagian (12 Mil) Selat Makassar dan Laut Sulawesi. Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Selatan. Bagian Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Barat serta Negara Bagian Serawak Malaysia Timur.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5902 seconds (0.1#10.140)