Cabup Mimika dari Perindo Maximus Tipagau Janji Tingkatkan Hidup Masyarakat Asli Papua

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 16:57 WIB
loading...
Cabup Mimika dari Perindo...
Bakal Calon Bupati Kabupaten Mimika periode 2024-2029 Maximus Tipagau dan Calon Wakil Bupati Mimika Peggi Patricia Pattipi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kehidupan masyarakat asli Papua dinilai harus terus ditingkakan agar bisa merata dengan penduduk Indonesia lainnya. Kehidupan orang Papua ini berkaitan juga dengan kemiskinan dengan ketimpangan kesejahteraan yang terjadi antara daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Pandangan ini merupakan bagian dari komitmen Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Mimika, Maximus Tipagau . Dia mengemukakan visinya sebagai bakal Calon Bupati Kabupaten Mimika periode 2024-2029.



Diakuinya, Kabupaten Mimika memiliki potensi ekonomi yang besar. Namun menurutnya, realitas di lapangan menunjukkan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, terutama terkait dengan kemiskinan dan ketimpangan kesejahteraan masyarakat asli Papua.

"Kabupaten Mimika ini kaya sekali, tetapi sayangnya kemiskinan masih menjadi masalah utama," ujar Maximus di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Dia menjelaskan meski sektor bisnis dan usaha berkembang pesat, namun kesejahteraan masyarakat, terutama Orang Asli Papua (OAP) masih jauh dari memadai. Kondisi ini, menurutnya, mencerminkan adanya ketidakadilan dalam distribusi manfaat pembangunan.

Putra dari seorang panglima perang Suku Moni ini menekankan perlunya pendekatan yang lebih inklusif dalam pembangunan di Mimika, di mana kesejahteraan masyarakat asli harus menjadi prioritas utama.

"Saya ingin berantas kemiskinan di Mimika dengan memastikan setiap orang asli Papua mendapatkan akses pendidikan dan kesehatan yang layak," papar Maximus.

Ia pun merencanakan program pendidikan gratis mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi dan layanan kesehatan gratis. Dengan rencananya itu, ia meyakini pendidikan dan layanan kesehatan gratis dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Mimika.

Selain itu, Maximus melihat potensi besar dalam sektor pariwisata sebagai salah satu pilar pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Ia menyoroti keindahan alam Mimika, khususnya di daerah pesisir Pantai Kamoro dan kawasan pendakian Gunung Cartenz.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)