Irjen Pol (Purn) Hamidin Aji Amin, Praktisi Terorisme yang Hobi Menulis dan Melukis

Kamis, 08 Agustus 2024 - 10:08 WIB
loading...
Irjen Pol (Purn) Hamidin...
Praktisi Penanganan Terorisme, Irjen Pol (purn) Hamidin Aji Amin. Foto-foto: Instagram @hamidin_ajiamin
A A A
WAKTU menunjukkan pukul 23.45 Wib, kala serombongan pria membubarkan diri usai pertemuan malam itu, di salah satu sudut daerah Sepatan, Tangerang, Banten, persisnya di sebuah bangunan kayu terapung di atas kolam ikan dengan hamparan sawah nan hijau di belakangnya. Meski terlihat lelah, Irjen Pol (purn) Hamidin Aji Amin-si empu yang punya tempat masih bersemangat untuk bercerita.

“Kapan-kapan kita ngobrol lagi,” kata Hamidin menutup perbincangannya dan berpamitan. Di sela obrolan santai malam itu, ia berkesempatan memberi kenang-kenangan sebuah buku berjudul “Wajah Baru Terorisme”.

Sekilas buku bersampul merah setebal 252 halaman karyanya itu, menarik untuk dibaca. Ini karena judulnya yang menggoda dan membuat orang penasaran untuk bertanya tentang bagaimana sesungguhnya wajah baru terorisme itu. Rasa penasaran makin berkelindan lantaran Hamidin seorang praktisi penanganan terorisme, yang pastinya paham betul tentang persoalan terorisme.

“Mempelajari perkembangan terorisme tentu akan menjadi lebih menarik apabila kita ikut terlibat secara emosional dan ambil bagian dalam proses penanganannya, khususnya pada perspektif pendekatan lunak-nonpro justitia. Mendengar sebuah kuliah atau ceramah tentang terorisme tentu akan berbeda dengan mendengar langsung dari orang-orang yang pernah terlibat dalam tindakan mengerikan tersebut.”

Pengantar yang digoreskan Hamidin Aji Amin di bukunya tersebut secara eksplisit mengajak masyarakat Tanah Air, lebih luas lagi masyarakat dunia, untuk bersama-sama bergandengan tangan terlibat dalam penanganan terorisme . Keterlibatan itu bisa dimulai dari membaca dan memahami buku yang dihadirkannya ini.

baca juga: Membaca Terorisme Lewat Perspektif Pendekatan Lunak-Nonpro Justitia

Sebagai sosok yang memiliki basic penanganan terorisme, tentu Hamidin dengan mudah membedah dan memetakan persoalan terorisme Indonesia. Berkat pengalamannya itu pula, ia kerap bepergian keluar negeri untuk berbicara tentang penanganan terorisme di forum-forum besar internasional.

Irjen Pol (Purn) Hamidin Aji Amin, Praktisi Terorisme yang Hobi Menulis dan Melukis

Hamidin Aji Amin menjadi pembicara di Rapat Koordinasi Fungsi Imigrasi
Perwakilan RI di Seoul, Korea Selatan tahun 2018.

“Cita-cita saya itu sebenarnya ingin jadi diplomat, bukan polisi. Waktu kecil saya terinspirasi Menlu Adam Malik yang dulu sering tampil di televisi. Waktu itu saya berpikir hebat sekali bapak ini, bisa bicara di forum-forum internasional, bisa ke luar negeri. Tapi walau tidak jadi diplomat, saya tetap bisa ke luar negeri, keliling ke banyak negara. Ini semua berkat jadi polisi. Dan ini sudah jalan Tuhan, tinggal kita bersyukur dan menjalaninya dengan baik,” ujar Hamidin.

Hamidin menceritakan, semasa aktif menjadi anggota polisi, hampir semua tugas dan tanggung jawabnya dilaksanakan pada tataran operasional. Lulusan Akpol 1987 ini lebih banyak berpengalaman dalam bidang Brigade Mobil (Brimob). Dari jabatan Kasat Brimob Polda Sulawesi Utara pada 2000 hingga Direktur Pencegahan BNPT pada 2015, dan Deputi III Bidang Kerja Sama Internasional BNPT pada 2017 ia laksanakan. Terakhir, sebelum menjabat Kapolda NTT pada 2 September 2019, Hamidin selama delapan bulan menjabat Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)