Parade Baju Nusantara Kembali Hiasi Upacara Kemerdekaan di Istana

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 11:18 WIB
Parade Baju Nusantara Kembali Hiasi Upacara Kemerdekaan di Istana
Parade Baju Nusantara Kembali Hiasi Upacara Kemerdekaan di Istana
A A A
JAKARTA - Berbagai baju adat nusantara kembali menghiasi lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pagi ini. Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, baik tamu, pejabat negara hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) kompak menggunakan baju adat dari berbagai daerah.

Tahun ini, Presiden Jokowi mengenakan baju adat Klungkung Bali. Baju adat serupa juga dikenakan Putra Sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan Cucunya Jan Ethes. Mantan Wali Kota Surakarta itu tak memiliki alasan khusus mengebakan pakaian adat Bali.

"Kita kan sudah lima tahun ini sudah ganti-ganti. Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat. Pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, Jawa, Betawi. Kemudian Bali, Sasak, Bugis pernah semua," kata Jokowi di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dia mengatakan bahwa beragamnya pakaian ada menunjukkan betapa Indonesoa kaya akan budaya. "Memang kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan. Jumlahnya ribuan, nanti sampai ke Maluku, Papua semua akan kita ya," ungkapnya.

Sementara Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengenakan pakaian adat Aceh. Lalu Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan baju adat Batak. Beberapa menteri yang juga mengenakan pakaian adat antara lain Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu yang mengenakan adat Lampung.

Sedangkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly mengenakan pakaian adat Jawa, dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengenakan baju adat lampung, serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjie Effendi mengenakan pakaian adat batak.

Tak luput beberapa tamu yang hadir Wakil Presiden Terpilih periode 2019-2024 Maruf Amin yang mengenakan pakaian adat Betawi. Lalu Ketua DPD Osman Sapta Odang (Oso) mengenakan pakaian adat Kalimantan. Hadir juga Politikus Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang mengenakan pakaian adat Sumatera Barat.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5680 seconds (0.1#10.140)