Desa Sindang Jati Raih Penghargaan dari BPIP RI

Selasa, 25 Agustus 2020 - 08:50 WIB
loading...
Desa Sindang Jati Raih Penghargaan dari BPIP RI
Kepala BPIP RI Yudian Wahyudi. Foto: Dok BPIP
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia (RI) memberikan penghargaan kepada Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Penghargaan ini lantaran Desa Sindang Jati dinilai BPIP RI sebagai Desa Moderasi Beragama dan Kebangsaan.

Untuk diketahui masyarakat Desa Sidang Jati memiliki 4 agama yang berbada, mulai dari Islam, Katolik, Kristen dan Budha. Namun masyarakat di desa ini mampu hidup rukun dan bahkan saling membantu dalam perhelatan perayaan keagamaan dan kenegaraan. Di sisi lain Desa Sindang Jati juga merupakan desa percontohan kampus IAIN Curup dalam kategori moderasi yang berkebangsaan.

"Penghargaan ini kita berikan sebagai bentuk membukuan atau membumikan kerukunana umat beragama. Artinya masyarakat bisa hidup rukun dengan landasan Pancasila," sampai Kepala BPIP RI Yudian Wahyudi dalam keterangan tertulisnya, Senin 24 Agustus 2020. ( )

Dengan adanya penghargaan ini, dia berharap, pihaknya berharap Desa Sindang Jati bukan satu - satunya desa yang menjadi moderasi beragama dan kebangsaan. Namun akan lahir kembali desa yang lain, dengan tujuan yang sama. Sehingga penguatan kebangsaan dan beragama bisa dari bawah yang cendrung lebih kokoh.

"Sehingga jika sudah dari bawah yakni dari desanya, itu sama dengan akar, jika memang sudah dibumikan dan dikuatkan, maka akan sulit ditumbangkan," jelasnya. (
Yudian juga mengharapkan apa yang dilakukan Desa Sidang Jati ini mampu terus bertahan, dan mampu menjadi desa yang dicontoh oleh desa yang lainnya untuk hidup rukun berdampingan, dengan mengutamakan toreransi dan bisa bergotong-royong dalam membangun negara Indonesia.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2368 seconds (0.1#10.140)