Ismail Haniyeh Terbunuh, Meutya Hafid Khawatir Upaya Perdamaian di Palestina Semakin Sulit

Rabu, 31 Juli 2024 - 14:21 WIB
loading...
Ismail Haniyeh Terbunuh,...
Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menilai peristiwa terbunuhnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh akan membuat sulit upaya perdamaian di Pelastina. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh tewas terbunuh di Iran. Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menilai peristiwa ini akan membuat sulit upaya perdamaian di Pelastina.

Meutya Hafid menyayangkan penyerangan yang terus- menerus terjadi di Timur Tengah, khususnya antara Palestina dan Israel. Terakhir, peristiwa dibunuhnya Ismail Haniyeh, Kepala Biro Politik Hamas, di Teheran, Iran.

"Saya berduka serta menyayangkan terus terjadinya kekerasan dan penyerangan di Timur Tengah. Saya khawatir peristiwa pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh ini akan membuat situasi di Timur Tengah semakin memanas dan dapat berdampak pada semakin sulitnya upaya perdamaian di Palestina secara khusus dan Timur Tengah secara umum," ujar Meutya dalam keterangannya, Rabu (31/7/2024).



Politikus Partai Golkar ini meminta semua pihak untuk menekan Israel agar mau menempuh jalan dialog dalam penyelesaian konflik dengan Palestina. "Meminta Israel untuk mematuhi hukum dan keputusan hukum Internasional termasuk keputusan ICJ, International Court of Justice, yang menyatakan pendudukan Israel di Palestina melanggar hukum," ujarnya.



Diberitakan sebelumnya, Ismail Haniyeh tewas di ibu kota Iran, Teheran. "Dengan belasungkawa kepada bangsa Palestina yang heroik dan bangsa Islam serta para pejuang Front Perlawanan dan bangsa Iran yang mulia, pagi ini (Rabu) kediaman Dr Ismail Haniyeh, kepala kantor politik Perlawanan Islam Hamas, diserang di Teheran, dan setelah insiden ini, ia dan salah satu pengawalnya menjadi syahid," ungkap pernyataan dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)