Tanpa Amien Rais, PAN Ibarat Sayur Tanpa Garam

Senin, 24 Agustus 2020 - 14:32 WIB
loading...
Tanpa Amien Rais, PAN Ibarat Sayur Tanpa Garam
Amien Rais dan Zulkifli Hasan dalam pembukaan Rakernas V PAN di Jakarta, Sabtu (7/12/2019) menjelang diselenggarakannya kongres. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Analis politik asal UIN Jakarta Bakir Ihsan menganggap, apa pun dinamika politik yang terjadi di internal Partai Amanat Nasional (PAN) , sosok Amien Rais tetap dianggap memiliki sejarah penting dan ikon bagi PAN.

"Tanpa Amien, PAN seperti sayur tanpa garam," kata Bakir saat dihubungi SINDOnews, Senin (24/8/2020).

Diketahui, perbincangan tentang hubungan PAN dan Amien Rais kembali mengemuka. Kemarin,Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Soetrisno Bachir sempat terisak saat menyebut nama tokoh reformasi sekaligus pendiri PAN M Amien Rais yang tak hadir dalam HUT ke-22 PAN, kemarin. Dia berharap Amien tetap bersama di PAN.

( ).

Menurut Bakir, meski perolehan PAN dari pemilu ke pemilu mengalami penurunan, keberadaan Amien tetap dibutuhkan. Selain itu, meski Amien berseberangan secara politik dengan kecenderungan politik yang ditampilkan PAN saat ini, Amien tetaplah figur yang kerap didengar omongannya.

Sehingga menurut Bakir, wajar jika saat ini ada sebagian petinggi PAN yang terkesan dengan sepak terjang mantan Ketua MPR tersebut. "Selama ini peran Amien sangat menentukan di PAN, termasuk pergantian Ketum PAN yang hanya menjabat sekali, kecuali Zulkifli Hasan," pungkas dia.

( ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)