Pemerintah Diminta Serius Benahi Persoalan Lapas

Kamis, 18 Juli 2019 - 17:20 WIB
Pemerintah Diminta Serius Benahi Persoalan Lapas
Pemerintah Diminta Serius Benahi Persoalan Lapas
A A A
JAKARTA - Berbagai kasus pelanggaran terkait lembaga pemasyarakatan (lapas) dinilai harus menjadi "pekerjaan rumah" yang harus dibenahi pemerintah dalam hal ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz merekomendasikan agar pemerintah melakukan pembenahan total terhadap Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

Donal menilai rentetan kejadian yang mengundang keprihatinan publik karena minimnya integritas petugas lapas.

Terbaru kasus pelesiran terpidana kasus korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) Setya Novanto di toko bangunan di Bandung Barat saat izin keluar berobat dari Lapas Sukamiskin.

"Butuh reformasi yang serius dari Menkumham untuk membenahi lembaga pemasyarakatan," kata Donal, di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Menurut dia, kasus Novanto menjadi tamparan serius bagi Kemenkumham. Selain kasus tesebut, Donal juga menyinggung beberapa penyimpangan lain di lapas. Contohnya seperti pungutan liar yang dilakukan oknum sipir terhadap tahanan. Bahkan, ada pula kasus penyiksaan di tahanan.

"Temuan Ombudsman kan sudah cukup banyak di lembaga pemasyarakatan kita," Donal.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5175 seconds (0.1#10.140)