alexametrics

Laporan Langsung SINDOnews dari Madinah

Ini Kronologi Pesawat Pengangkut Jamaah Haji Putar Balik ke Makassar

loading...
Ini Kronologi Pesawat Pengangkut Jamaah Haji Putar Balik ke Makassar
Kasie Kedatangan dan Pemberangkatan Daker Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi. Foto/MCH
A+ A-
MADINAH - Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 Embarkasi Ujung Pandang (UPG) mendarat selamat di Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz Madinah, Rabu (17/7/2019) pukul 11.28 Waktu Arab Saudi (WAS). Pesawat Garuda bernomor penerbangan GA1114 yang mengangkut mereka sempat putar balik ke Bandara Sultan Hasanudin Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) lantaran mengalami gangguan teknis.

Berdasarkan laporan Maskapai Garuda Airlines yang diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, pesawat tipe Boeing 747-400 itu mengalami kerusakan hidrolic leaking oil (nose gear) di bagian roda. "Sebenarnya ini tidak membahayakan, tapi karena mempertimbangkan keselamatan penumpang, maka diputuskan kembali ke embarkasi keberangkatan," kata Kasie Kedatangan dan Pemberangkatan Daerah Kerja Bandara (Daker) Bandara Jeddah-Madinah, Cecep Nursyamsi, Rabu (17/7/2019).

Menurut Cecep, pesawat yang mengangkut 455 jamaah haji itu awalnya take off dari Bandara Sultan Hasanudin Makassar sekitar pukul 19.00 Wita. Setelah dua jam perjalanan baru diketahui adanya gangguan teknis di bagian roda pesawat sehingga diputuskan untuk kembali ke bandara embarkasi. "Pesawat landing di Bandara Makassar sekitar pukul 02.30 Wita. Saat landing juga tidak ada masalah," katanya.
(Baca juga: Pesawat Jamaah Calon Haji Indonesia Putar Balik setelah Terbang 2 Jam)
Para jamaah haji kemudian diminta turun dan ditempatkan di ruang tunggu internasional. Setelah dilakukan perbaikan, jamaah lalu diminta masuk ke dalam pesawat untuk diberangkatkan menuju Madinah. "Sekitar pukul 06.00 Wita, pesawat kembali diterbangkan. Dan sudah sampai di Madinah pukul 11.28 waktu Arab Saudi dengan selamat," katanya.



Cecep memastikan peristiwa tersebut tidak mengganggu jadwal keberangkatan jamaah haji dari kloter lain dari Tanah Air ke Tanah Suci. Penyesuaian hanya dilakukan oleh petugas yang menyambut jamaah haji di Bandara Prince Mohammad Bin Abdul Aziz.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak