KSAL Ungkap Rencana Wapres Bangun Rest Area Laut di Selat Sunda

Selasa, 23 Juli 2024 - 17:20 WIB
loading...
KSAL Ungkap Rencana...
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali bertemu dengan Wapres KH Maruf Amin. Foto/SINDOnews/binti mufarida
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengungkap rencana pembangunan rest area laut di Selat Sunda. Rencana ini diungkapkannya saat bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

“Beliau (Wapres) menyampaikan terkait dengan kemungkinan dibangunnya rest area laut di Selat Sunda, khususnya di wilayah Banten,” kata Laksamana TNI Muhammad Ali seusai bertemu Wapres di kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2024).

KSAL mengatakan rencana pembangunan rest area laut ini diharapkan akan mengoptimalkan dari segi ekonomi, pertahanan, maupun keamanan di Selat Sunda. “Nantinya diharapkan dengan adanya rest area laut ini bisa menguntungkan akses dan kepentingan maritim Indonesia ya baik untuk segi ekonomi maupun dari segi pertahanan dan keamanan,” katanya.



Pada kesempatan itu, KSAL melaporkan situasi terkini keamanan laut di wilayah Indonesia. Wapres secara khusus, juga menanyakan situasi keamanan di Laut Natuna Utara atau Laut China Selatan (LCS) hingga perairan Indonesia timur.

“Kami menghadap Bapak Wakil Presiden dan kami menjelaskan langsung pada beliau terkait dengan situasi keamanan laut. Tadi beliau menanyakan bagaimana situasi di Laut Natuna Utara atau di Laut China Selatan, kemudian di beberapa perairan lainnya di Indonesia timur juga,” ujar Kasal.



KSAL juga mengungkapkan telah melapor kepada Wapres terkait kondisi perairan di Selat Malaka khususnya perairan Batam. “Kemudian beliau juga menyampaikan terkait dengan bagaimana kondisi perairan di Selat Malaka, khususnya di perairan Batam,” ucapnya.

“Telah kami laporkan juga di Pulau Nipah nantinya juga sama akan dibangun juga one stop service untuk kemaritiman, perdagangan kemaritiman, perdagangan laut yang melewati Selat Malaka khususnya. Dan pembicaraan-pembicaraan lainnya juga terkait dengan situasi keamanan di seluruh wilayah Nusantara ini,” pungkasnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)