Letjen TNI Paling Senior di Mabes TNI AD, Nomor 2 Mantan Danjen Kopassus

Minggu, 21 Juli 2024 - 05:15 WIB
loading...
Letjen TNI Paling Senior...
Danpussenif Letjen TNI Teguh Muji Angkasa memimpin acara serah terima jabatan dan tradisi satuan Pussenif di Aula Jenderal Ahmad Yani, Pussenif, Bandung. Sabtu (4/5/2024). FOTO/X/@pen_pussenif
A A A
JAKARTA - Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) berpangkat Letjen TNI di Mabes TNI AD tergolong senior secara usia maupun tahun lulus dari Akademi Militer (Akmil). Salah satu di antaranya pernah mengemban jabatan sebagai Danjen Kopassus.

Letjen adalah singkatan dari Letnan Jenderal, pangkat bagi Pati TNI AD yang disimbolkan dengan tanda 3 bintang di pundak seragam. Para pemilik Letjen biasa disapa sebagai jenderal bintang 3.

Pangkat Letjen lebih rendah dari Jenderal (bintang empat) tapi lebih tinggi dari pangkat Brigadir Jenderal/Brigjen (bintang 1) dan Mayor Jenderal/Mayjen (bintang 2).



Di Mabes TNI Angkatan Darat saat ini terdapat sekitar 8 Pati berpangkat Letjen di Mabes TNI AD. Beberapa di antaranya tergolong senior. Siapa saja mereka?

Letjen Senior di Mabes TNI AD:

1. Letjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS, MA

Letjen TNI Paling Senior di Mabes TNI AD, Nomor 2 Mantan Danjen Kopassus

FOTO/DOK.PUSSENIF

Jabatan : Staf Khusus KSAD
Lulusan Akmil : 1988
Usia : 57 tahun

Anton Nugroho termasuk Letjen senior di Mabes TNI AD. Lulusan Akmil 1988 itu kini menjabat sebagai Staf Khusus KSAD.

Berdasarkan riwayatnya, Anton Nugroho mengawali karier di militer sebagai Pama di Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif) TNI AD. Pada periode 1989-1997, Pati yang kini berusia 57 tahun itu dipercaya menjadi Danunit, Dantim, Danden Pasi Grup 2/Kopassus.

Setelah menyelesaikan tugas pendidikan S2 pada 1999, Anton menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad. Dua tahun kemudian, ia dipercaya sebagai Pabandya Binpers Kopassus, lalu dimutasi menjadi Danyon 22 Grup 2/Kopassus pada 2004.

Anton Nugroho mendapat promosi menjadi Dandim 0832/Surabaya Selatan pada 2005. Dua tahun kemudian dimutasi menadi Pabandya 3/Dikpa & LN Spaban II/BIndik Spersad.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)