Jenazah Jamaah Haji Meninggal di Pesawat Dimakamkan di Baqi Madinah

Rabu, 10 Juli 2019 - 01:00 WIB
Jenazah Jamaah Haji Meninggal di Pesawat Dimakamkan di Baqi Madinah
Jenazah Jamaah Haji Meninggal di Pesawat Dimakamkan di Baqi Madinah
A A A
MADINAH - Jenazah Sumiyatun Sawi Krama (56), jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia di pesawat saat menuju Madinah, Arab Saudi telah dimakamkan. Warga Desa Godog, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, yang tergabung rombongan 5 kloter 2 Embarkasi Solo itu dikuburkan di kompleks pemakaman Baqi, Madinah.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara Jeddah-Madinah, Arsyad Hidayat mengatakan, Sumiyatun telah dimakamkan, Senin (8/7/2019) sore. Proses dari mulai pemandian, salat, hingga penguburan dilakukan Muasasah tanpa biaya apa pun. Pemakamannya ini lebih cepat dari perkiraaannya yang diprediksi dua hari ke depan.

"Kita perkirakan dalam satu atau dua hari ke depan baru bisa dimakamkan. Ternyata jauh lebih cepat (jenazah) sudah dimakamkan," kata Arsyad Hidayat di Bandara Prince Mohammed Bin Abdulaziz Madinah, Selasa (9/7/2019).

Menurut Arsyad, cepatnya pemakaman merupakan bagian dari terintegrasi petugas haji gabungan Kementerian Agama (Kemenag), Tim Kesehatan Kementerian Kesehatan, dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah menyampaikan informasi pemakaman Sumiyatun kepada keluarganya di kampung halaman. Selanjutnya, otoritas akan menerbitkan surat kematian (Certification of Dead/CoD) serta dokumen lain yang diperlukan keluarga untuk mengurus hak almarhumah Sumiyatun, seperti klaim asuransi.

Selain memberikan COD dan dokumen lain, PPIH juga memastikan segera memasukkan calon haji Sumiyatun dalam daftar penerima badal haji. Pelaksanaan badal haji akan dilakukan petugas Arab Saudi. "Saya sudah langsung mencatat yang meninggal dunia setelah sampai di Tanah Suci akan kita masukkan ke dalam daftar peserta badal haji," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9079 seconds (0.1#10.140)