Kunjungi Kapal Ocean Explorer, BKSAP DPR Mendukung Studi Kelautan Indonesia

Sabtu, 13 Juli 2024 - 11:18 WIB
loading...
Kunjungi Kapal Ocean...
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana mengunjungi kapal OceanX, Ocean Explorer di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana mengunjungi kapal OceanX, Ocean Explorer di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Putu Rudana bersama delegasi menerima penjelasan dari Kapten Peter dan kru yang berjumlah 30 hingga 70 orang.

Kunjungan BKSAP DPR bertujuan untuk mendukung kajian dan studi kelautan di Indonesia. Kunjungan itu atas undangan dari organisasi OceanX. Kapal Ocean Explorer merupakan sebuah vessel yang dilengkapi fasilitas canggih untuk melakukan penelitian kelautan, termasuk dua kapal selam yang mampu menyelam hingga kedalaman tertentu untuk mempelajari keanekaragaman hayati laut Indonesia.

"Kapal ini bisa kita lihat, mereka bisa sampai turun. Mereka punya dua kapal selam. Itu bisa turun sampai cukup dalam dan melihat Bio Diversity, Marine Bio Diversity yang ada di lautan Indonesia," kata Putu yang juga Ketua Kaukus Air DPR ini melalui keterangannya dikutip Sabtu (13/7/2024).

Kunjungi Kapal Ocean Explorer, BKSAP DPR Mendukung Studi Kelautan Indonesia


Dia menuturkan, saat ini Pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan studi dan kajian terhadap potensi kelautan yang dimiliki. Maka itu, menurut Putu, langkah ini sangat positif karena Indonesia merupakan negara maritim dengan dua pertiga wilayahnya berupa laut.

Oleh karena itu, lanjut dia, sangat penting melakukan perlindungan dan pengelolaan terhadap laut. “Kita harus menjaga dan melindungi laut kita. Kapal ini sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk kajian, studi, dan melihat berbagai potensi kelautan, khususnya di Indonesia,” katanya.

Legislator asal Bali ini menilai kapal tersebut tidak hanya berfungsi untuk melakukan penelitian ilmiah, tetapi juga untuk media. Salah satu tujuan dari kerja sama ini adalah mendokumentasikan keanekaragaman hayati laut Indonesia melalui berbagai media, termasuk video dan film.

OceanX juga bekerja sama dengan sutradara terkenal Hollywood, James Cameron, untuk menggabungkan seni dan sains dalam menceritakan keindahan dan pentingnya laut.

"Ini merupakan mempertemukan antara art dan sains. Sains-nya bagaimana kajian atau mapping-nya begitu penting. Tapi di sisi lain juga menyampaikan kepada publik, baik dalam bentuk video, YouTube ataupun nanti ke depan harapannya ada satu film, yang menceritakan tentang laut, itu menjadi hal keniscayaan," ujar Putu.

Pentingnya teknologi canggih yang ada di kapal OceanX juga disoroti Putu, karena mampu memantau dan memetakan kondisi laut, termasuk mendeteksi potensi bencana seperti pertemuan lempeng yang bisa memicu tsunami. Dia mengungkapkan, dahulu untuk melihat ikan di berbagai perairan, harus langsung melihat ikannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)