Pegi Setiawan Jadi Korban Salah Tangkap, Oegroseno Bandingkan Polisi di Indonesia dan Amerika Serikat

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:46 WIB
loading...
Pegi Setiawan Jadi Korban...
Mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengungkapkan adanya perbedaan sistem penegakan di insitusi kepolisian yang ada di Indonesia dengan di Amerika Serikat. Foto/Ari Sandita
A A A
JAKARTA - Pegi Setiawan menjadi korban salah tangkap dalam kasus pembunuhan Vina dan Eki di Cirebon yang terjadi pada 2016. Hakim tunggal Pengadilan Negeri Bandung Eman Sulaeman telah menggugurkan status tersangka Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan tersebut.

Mantan Wakapolri Komjen Pol (Purn) Oegroseno mengungkapkan adanya perbedaan sistem penegakan di insitusi kepolisian yang ada di Indonesia dengan di Amerika Serikat. Apalagi berkaitan persoalan salah tangkap.

"Contoh begini, kalau di Amerika itu polisi berbohong dipecat, tapi di Indonesia masih hanya minta maaf dan sebagainya, karena di sana benar-benar tegas kalau polisi itu tak bisa dipercaya bicaranya, dipercaya otaknya sendiri itu ya buat apa jadi polisi,” ujarnya di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).



Menurutnya, polisi di Amerika Serikat mungkin lebih tinggi gajinya dibandingkan pegawai lainnya di negara tersebut. Hanya saja polisi benar-benar wajib menjalankan tugasnya dengan baik dan profesional.

Maka itu, jika ada polisi di Amerika Serikat yang melakukan salah tangkap, maka bakal mendapatkan sanksi pemecatan. "Salah tangkap juga diproses oleh Propam sana dan diproses, jadi ada pecat juga atau hanya etik, di sana lebih banyak diberhentikan tidak dengan hormat," tuturnya.

Dia mencontohkan, jangankan salah tangkap, masalah polisi yang berbohong saja bisa mendapatkan sanksi berupa pemecatan. Termasuk, melakukan pemeriksaan tanpa disertai prosedur yang sesuai aturan.

"Contoh begini, dalam suatu penangkapan di rumah tersangka, seorang petugas polisi mengambil HP istri tersangka dan membaca, itu dipecat benar. Jadi polisi di sana sudah dilengkapi kamera yang ditempel di baju, jadi dia bisa pertanggungjawabkan langkah apa, dia profesional tidak,” pungkasnya.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)