Gantikan Jokowi, Wapres Resmikan Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis–Cibitung

Selasa, 09 Juli 2024 - 10:57 WIB
loading...
Gantikan Jokowi, Wapres...
Wapres KH Ma’ruf Amin mengunjungi Provinsi Jawa Barat untuk meresmikan Bendungan Cipanas dan Tol Cimanggis-Cibitung. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat (Jabar). Kunker tersebut dalam rangka meresmikan sejumlah infrastruktur.

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres dan rombongan lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, pada pukul 09.30 WIB, dengan waktu penerbangan diperkirakan kurang lebih 40 menit.

Wapres dijadwalkan tiba di bandara terbesar kedua di Indonesia ini pada pukul 10.10 WIB dan disambut oleh Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danlanud Sugiri Sukani Mayor Pnb Fariana Dewi Djakaria Putri, dan Pj. Bupati Majalengka Dedi Supandi.



Selanjutnya, didampingi oleh Pj. Gubernur Jabar, Wapres beserta rombongan direncanakan berkendara mobil menuju Bendungan Cipanas di Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang, untuk meresmikan salah satu infrastruktur sumber daya air (SDA) yang menjadi Program Strategis Nasional (PSN) ini.

Di lokasi peresmian, Wapres akan disambut oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli, dan Bupati Indramayu Nina Agustina. Lokasi administratif Bendungan Cipanas sendiri terletak di dua kabupaten, tepatnya di Desa Cikawung, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu dan Desa Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.



Proyek pembangunannya dimulai sejak 2016 hingga 2023. Berkapasitas mencapai 250 juta meter kubik, keberadaan bendungan ini mampu mengairi 9.273 hektare lahan pertanian di kedua kabupaten, sehingga diharapkan dapat meningkatkan intensitas tanam dari satu kali menjadi dua kali dalam setahun.

Bendungan Cipanas ini akan menyuplai air baku sebesar 850 liter/detik bagi kawasan industri, permukiman, Bandara Kertajati di kawasan Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati). Jumlah ini terdiri atas 650 liter/detik untuk Kabupaten Sumedang dan 200 liter/detik untuk Kabupaten Indramayu. Selain itu, bendungan ini juga bermanfaat dalam mereduksi banjir sekaligus berpotensi menjadi pembangkit listrik sebesar 3,0 megawatt.

Usai peresmian Bendungan Cipanas, Wapres dijadwalkan melakukan penanaman Pohon Pulai dan peninjauan bendungan. Selepas santap siang, didampingi oleh Menteri PUPR dan Pj. Gubernur Jabar, Wapres beserta rombongan akan berkendara mobil menuju ke lokasi kunjungan berikutnya di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Di lokasi tersebut, Wapres diagendakan meresmikan dan meninjau Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, serta memberikan keterangan pers kepada awak media.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)