Megawati Angkat 4 Tokoh Jadi Kepala Badan, Nomor 1 Siap Mati untuk PDIP

Jum'at, 05 Juli 2024 - 17:09 WIB
loading...
Megawati Angkat 4 Tokoh Jadi Kepala Badan, Nomor 1 Siap Mati untuk PDIP
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengangkat empat tokoh menjadi kepala badan partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu. Foto/Felldy Utama
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengangkat empat tokoh menjadi kepala badan partai berlambang kepala banteng bermoncong putih itu. Nomor 1 pernah mengaku siap mati untuk PDIP.

Pengangkatan keempat orang itu dilakukan usai Megawati memimpin pengucapan sumpah janji jabatan pengurus DPP PDIP masa bakti 2019-2024 diperpanjang hingga 2025 di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Jumat (5/7/2024). Megawati lalu diminta untuk memimpin sumpah jabatan terhadap empat orang tersebut.

"Bahwa saya setia kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Anggaran Dasar, dan Anggaran Rumah Tangga Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tahun 2019. Bahwa saya akan menjunjung tinggi kehormatan, martabat, dan disiplin partai, serta akan senantiasa mengutamakan keutuhan partai, keberhasilan program perjuangan partai daripada kepentingan pribadi," kata Megawati diikuti oleh para pengurus.

"Bahwa saya akan memegang rahasia partai yang menurut sifatnya harus saya rahasiakan. Bahwa saya akan berusaha menyelesaikan segala permasalahan partai dengan asas kekeluargaan. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, adil, rajin, dan bersemangat untuk kepentingan partai, negara, dan bangsa," tutur Megawati.

Berikut 4 Kepala Badan yang Diangkat oleh Megawati:
1. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pusat Letjen TNI Purn Ganip Warsito
2. Kepala Badan Saksi Pusat Nasional Hendra Gunawan
3. Kepala Badan Riset dan Analisis Kebijakan Pusat Partai Andi Widjajanto
4. Kepala Badan Sejarah Indonesia Bonnie Triyana.

Adapun salah satu dari empat orang yang diangkat Megawati itu adalah mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI (Purn) Ganip Warsito. Setelah pensiun, dia bergabung dengan PDIP.

Dia mengungkapkan alasannya bergabung dengan partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut. “Bahwa ternyata gen saya ini, gen PDIP," ujar Ganip dalam talkshow perayaan HUT ke-77 TNI bertema TNI adalah Kita di Kantor DPP PDIP Gedung B, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/10/2022).



Ganip mengaku dirinya merasa terhormat karena telah diberikan kesempatan Megawati untuk masuk dalam barisan PDIP. "Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ibu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri karena telah memberi kesempatan pada saya untuk bergabung dan berjuang bersama-sama dengan PDIP," ujarnya.

Dia menjelaskan, ideologi dan nasionalisme yang dimilikinya selama menjabat di TNI selaras dengan PDIP. Bahkan Ganip menyebutkan dirinya siap untuk mati demi PDIP. "Bicara idealisme, bicara ideologi, bicara nasionalisme, itu kok rasanya ada pada saya di saat perjuangan kepada rakyat itu. Kok yang selama ini saya lakukan saat menjabat, dan tanpa ragu sedikit pun siap mati untuk PDIP," kata Ganip.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)
pixels