AHY Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri

Jum'at, 05 Juli 2024 - 14:48 WIB
loading...
AHY Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sejumlah sertifikat tanah wakaf di Kompleks Pemakaman Sunan Giri. Foto/Ayu Utami
A A A
SURABAYA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan sejumlah sertifikat tanah wakaf di Kompleks Pemakaman Sunan Giri. Penyerahan sertifikat dilakukan di Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri , Jawa Timur.

Saat proses penyerahan, AHY turut didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak beserta jajanan Kementerian ATR/BPN. AHY menyerahkan empat sertifikat yang terdiri dari sertifikat Yayasan Makam Sunan Giri Kebomas Gresik yang diperuntukkan bagi kegiatan sosial keagamaan.

Lalu, Masjid Ainul Yaqin Sunan Giri yang diperuntukkan bagi kegiatan ibadah umat muslim setempat. Dua sertifikat lainnya adalah sertifikat Yayasan Pondok Pesantren Darul Insan Gresik yang diperuntukkan bagi sekolah keagamaan, dan sertifikat Musala Baitur Rahman.



"Alhamdulillah, hari ini kami izin ada empat sertifikat wakaf yang sudah kami sampaikan. Sertifikat tanah Wakaf Yayasan Sunan Giri, makamnya," kata AHY, Jumat (5/7/2024).

Masjid yang didirikan tahun 1500 itu selama ini belum bersertifikat. Dengan adanya sertifikat, AHY berharap Masjid Ainul Yaqin bisa menjadi tempat ibadah yang semakin nyaman dan tenang.

"Dari tahun 1500 alhamdulillah hari ini ada sertifikatnya sehingga jelas statusnya formal dari pemerintah. Mudah-mudahan dengan terbitnya sertifikat ini menjadi berkah, masyarakat yang beribadah semakin nyaman dan tenang dari untuk tempat beribadah," ujar AHY.

AHY berpesan, jangan sampai masjid yang sudah ada sejak tahun 1500 ini tidak jelas statusnya. "Oleh karena itu atas nama pemerintah atas nama Kemen ATR/BPN kami menyerahkan sertifikat tadi untuk digunakan dengan semestinya," pungkas AHY.



Sejumlah sertifikat yang diserahkan merupakan bagian dari komitmen Kementerian ATR/BPN dalam melaksanakan Gerakan Nasional Sertifikasi Rumah Ibadah dan Pesantren. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang meminta agar kebebasan beragama dan beribadah seluruh umat bisa terjamin secara aman.

Dalam kunjungan kerja di hari pertamanya, AHY juga menyempatkan waktu untuk berziarah ke Makam Sunan Giri.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)
pixels