Olly Dondokambey Realisasikan Komitmen Jokowi untuk Warga Bunaken

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 19:50 WIB
loading...
Olly Dondokambey Realisasikan Komitmen Jokowi untuk Warga Bunaken
Menjadi salah satu destinasi pariwisata populer nasional, penataan Bunaken kini sudah berjalan. Hal itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pulau Bunaken di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), menjadi salah satu destinasi pariwisata populer nasional. Penataan kawasan Bunaken kini sudah berjalan. Hal itu sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berkunjung ke Bunaken pada 2019.

Ketika itu, Presiden pun berharap ada perbaikan fasilitas penunjang pariwisata di Bunaken. (Baca juga: Megawati Minta Cakada Tiru Jokowi, Tidak Angkuh dan Turun ke Rakyat)

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Sabtu (22/8/2020), memberikan bantuan renovasi penduduk untuk dijadikan home stay. "Anggaran renovasi Rp90 juta per rumah. Tahap awal 30 rumah dari target 300 rumah. Ini bentuk komitmen Bapak Presiden Jokowi untuk warga Bunaken sebagaimana kunjungan beliau tahun lalu," kata Olly.
Olly Dondokambey Realisasikan Komitmen Jokowi untuk Warga Bunaken

(Baca juga: Update Corona, 151.498 Positif, 105.198 Sembuh dan Meninggal 6.594 Orang)

Saat ini sektor pariwisata memang mendapatkan dampak paling dalam akibat pandemi virus Corona atau Covid-19. Banyak tempat-tempat wisata ditutup, sehingga wisatawan mancanegara maupun domestik menjadi tidak bisa berkunjung. Namun, Olly optimistis dunia pariwisata Tanah Air kembali bangkit.

(Baca juga: Gaya Jokowi Keliling Kebun Raya Bogor Naik "Soekarno-Hatta")

Pada pidato penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN 2021 beserta Nota Keuangannya dalam Rapat Paripurna DPR, Jumat (14/8/2020), Presiden sudah menyampaikan pemerintah akan fokus pada pembangunan infrastruktur untuk kebangkitan pariwisata pascapandemi. Anggaran untuk infrastruktur mencapai Rp414 triliun sedangkan untuk sektor pariwisata dianggarkan Rp14,4 triliun.

Rencana Presiden tersebut sepatutnya didukung oleh seluruh pihak. “Pariwisata Indonesia mulai bangkit, kita lihat Bali sudah menggeliat. Sulut juga tentu kita berharap bisa pelan-pelan bangkit. Kita akan Promosi wisata pantai dan destinasi Bunaken, termasuk kawasan lain di Sulut dimana tentu tetap menerapkan secara ketat protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” ujar Olly.

Di Bunaken, Olly menyampaikan komitmen untuk tidak mengizinkan pembangunan hotel. Olly fokus terhadap revitalisasi home stay dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan menghadirkan kesejahteraan melalui sektor pariwisata. Fasilitas tanggul tepi pantai juga akan dibangun.

Anggaran bantuan pemerintah pusat sebagai komitmen Presiden untuk mendukung pariwisata Sulut mencapai Rp100 miliar. Pemerintah Provinsi Sulut pun menggenjot potensi sektor kelautan dan perikanan. Misalnya melalui dana stimulus untuk 1.500 nelayan di Bunaken.

Selain itu juga ada bantuan bahan bakar minyak (BBM) 50 liter per orang demi menunjang aktivitas para nelayan. "Bantuan ini kiranya dapat membantu para neyalan di masa pandemi Covid-19," ucap Olly.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)