Dirjen Aptika Kominfo Mundur Mundur, Puan Nilai Jokowi Bisa Evaluasi Menkominfo

Kamis, 04 Juli 2024 - 14:57 WIB
loading...
Dirjen Aptika Kominfo Mundur Mundur, Puan Nilai Jokowi Bisa Evaluasi Menkominfo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Foto/BPMI Setpres
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani buka suara menanggapi keputusan Semuel Abrijani Pangerapan mundur dari jabatan Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Puan menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mengevaluasi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Diketahui, Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) 2 yang diserang ransomware menjadi alasan Semuel mundur dari jabatannya. Menurut Puan, pihak yang lalai dalam menjalankan tugas perlu evaluasi diri.

Apalagi, kata Puan, serangan siber terhadap Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) telah dibahas di Komisi I DPR. Ia menilai, serangan tersebut tak seharusnya terjadi.





“Menurut kami di DPR sudah dibahas di Komisi I hal yang harusnya tidak terjadi seperti ini. Jadi secara konkret dievaluasi kemudian tindaklanjutnya seperti apa," kata Puan saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Atas dasar itu, Puan meminta para pihak yang lalai dalam menjalankan tugas dalam mengantisipasi serangan siber itu perlu mengevaluasi diri. "Pihak-pihak yang kemudian merasa lalai atau kemudian bertanggung jawab ya sebaiknya bisa mengevaluasi diri," tutur Puan.

Evaluasi diri, kata Puan, juga bisa dilakukan Jokowi terhadap Menkominfo Budi Arie Setiadi. "Menteri itu merupakan orang yang membantu presiden. Jadi ya selama dalam menjalankan tugasnya tidak bisa maksimal ya mungkin bisa dievaluasi oleh presiden," terang Puan.
(rca)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)
pixels