Irjen Pol Abdul Karim Ditunjuk Menjadi Kadiv Propam Polri, Ini Profilnya

Kamis, 27 Juni 2024 - 05:29 WIB
loading...
Irjen Pol Abdul Karim Ditunjuk Menjadi Kadiv Propam Polri, Ini Profilnya
Irjen Pol Abdul Karim. Foto/Tangkapan layar Instagram @humaspoldabanten
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo merotasi dan memutasi ratusan anggota Polri. Berdasarkan empat Surat Telegram (ST), sebanyak 745 personel, baik perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati), dimutasi dan dirotasi jabatannya, termasuk Irjen Pol Abdul Karim .

Keempat surat telegram itu bernomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024, dan ST/1239/VI/KEP./2024. Telegram itu diteken Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo pada 26 Juni 2024.

"Promosi dan mutasi di internal Polri adalah hal biasa dalam rangka kebutuhan organisasi, pembinaan karir, tour of duty, tour of area dan pergantian anggota yang memasuki masa pensiun," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (26/6/2024).



Jabatan yang berganti antara lain Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri yang bakal diisi oleh Irjen Pol Syahardiantono. Dia menggantikan Komjen Pol Suntana yang memasuki masa pensiun. Pangkat Irjen Syahar yang kini menjabat Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri akan menjadi jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Kemudian, Irjen Pol Abdul Karim ditunjuk sebagai Kadiv Propam . Irjen Abdul Karim kini menjabat sebagai Kapolda Banten. Nantinya, posisi Kapolda Banten akan dijabat oleh Brigjen Pol Suyudi Ario Seto yang saat ini sebagai Wakapolda Metro Jaya.

Kemudian Wakapolda Metro Jaya akan ditempati oleh Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy yang kini menjadi Wakapolda Kalimantan Timur.

Selain itu, ada juga pergantian pimpinan Kapolda Sumatera Utara. Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri (Persiapan Penugasan di Luar Struktur). Penggantinya adalah Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto yang kini menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Profil Irjen Pol Abdul Karim


Irjen Pol Abdul Karim saat ini menjabat sebagai Kapolda Banten. Posisi tersebut ditempatinya sejak Oktober 2023 ketika menggantikan Irjen Rudy Heriyanto Adi Nugroho.

Abdul Karim lahir di Surabaya, 28 Februari 1974. Dia adalah Lulusan Akpol 1995. Sebelum menjadi Kapolda Banten, sejumlah posisi juga sempat ditempati Abdul Karim, di antaranya Dirreskrimsus Polda Banten (2017–2019), Kapolres Metro Tangerang Kota (2019), Wadirtipidkor Bareskrim Polri (2020), Wadirtipidter Bareskrim Polri (2021), hingga Karokorwas PPNS Bareskrim Polri (2021-2023).

Pertengahan Juni 2024, Abdul Karim menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajarannya hingga para anggota di lapangan yang terus memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan telah bekerja dengan baik mengamankan wilayah Banten.

"Jumlah kita hanya 7 ribu, tetapi kita mengamankan hampir 9 juta masyarakat Banten," ujarnya.
(zik)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7123 seconds (0.1#10.140)
pixels