Babak Baru Pilkada Jakarta: PKS Usung Anies-Sohibul Iman, Ini Beragam Respons Parpol

Rabu, 26 Juni 2024 - 01:03 WIB
loading...
Babak Baru Pilkada Jakarta: PKS Usung Anies-Sohibul Iman, Ini Beragam Respons Parpol
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merupakan parpol pemenang pemilu legislatif 2024 di Jakarta, resmi mengumumkan mengusung duet Anies Rasyid Baswedan-Mohamad Sohibul Iman. Foto/PKS
A A A
JAKARTA - Pilkada Jakarta 2024 memasuki babak baru. Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) yang merupakan parpol pemenang pemilu legislatif 2024 di Jakarta, resmi mengumumkan mengusung duet Anies Rasyid Baswedan - Mohamad Sohibul Iman .

Pengumunan tersebut disampaikan langsung Presiden PKS Ahmad Syaikhu saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan Sekolah Kepemimpinan Partai di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Menurut Syaikhu, DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk Anies Rasyid Baswedan dan Mohamad Sohibul Iman.

Nama-nama tersebut kemudian dibahas dalam Rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP), dengan mempertimbangkan calon yang memiliki rekam jejak pengalaman kepemimpinan baik di eksekutif maupun legislatif, memiliki kredibilitas dan kapasitas, serta peluang menangnya besar.



DPP PKS juga mendengarkan berbagai masukan para tokoh, ulama, habaib, tokoh lintas agama, para cendekiawan, serta masyarakat terkait Pilkada Jakarta 2024.

"Maka, Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," ujar Syaikhu.

PKS yang memiliki 18 kursi DPRD Jakarta hasil Pemilu 2024 tentu tak bisa mengusung pasangan tersebut sendirian. PKS masih butuh tambahan empat kursi DPRD. Artinya, PKS harus berkoalisi dengan parpol lain.

Karena itu, PKS akan menjalin komunikasi dengan parpol lain, termasuk Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Diketahui, ketiga parpol tersebut pada Pilpres 2024 tergabung dalam Koalisi Perubahan yang mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Respons Parpol Lain


Keputusan PKS menjadi partai pertama yang mengusung duet Anies-Sohibul Iman ditanggapi oleh petinggi partai politik (parpol) lain. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons santai atas munculnya duet tersebut. "Ya nanti kita lihat," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Hasanuddin Wahid menilai, setiap parpol memiliki hak untuk mengusung figur di Pilkada Jakarta 2024.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0754 seconds (0.1#10.140)
pixels