Dirjen Imigrasi Kerahkan 100 Petugas Atasi Gangguan Sistem Pelayanan di Bandara Soetta

Sabtu, 22 Juni 2024 - 14:55 WIB
loading...
Dirjen Imigrasi Kerahkan 100 Petugas Atasi Gangguan Sistem Pelayanan di Bandara Soetta
Sebanyak 100 personel dikerahkan ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 100 personel dikerahkan ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penambahan personel dilakukan buntut adanya gangguan layanan imigrasi atas gangguan teknis server pusat data nasional.

"Hingga saat ini, sistem perlintasan di bandara dan pelabuhan belum dapat beroperasi normal. Untuk mengatasi situasi tersebut, kami menambah personel di tempat pemeriksaan imigrasi. Saat ini counter pemeriksaan di seluruh terminal kedatangan internasional sudah terisi penuh oleh petugas, dan akan kami tambah dengan konter tambahan," kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim, Sabtu (22/6/2024).

Kondisi antreaan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diklaimnya juga mulai terkendali dibanding hari sebelumnya. Bahkan demi mengurai antrean, pihaknya juga membuka antrean di line khusus haji.



Adapun hingga saat ini pemeriksaan imigrasi dilakukan secara manual dengan menerakan cap kedatangan dengan menuliskan keterangan tanggal, jam, nomor penerbangan, paraf petugas serta dilakukan dokumentasi (foto) bagi warga negara Indonesia. Sementara untuk warga negara asing dilakukan juga dengan pencatatan nomor visa dan durasi izin tinggal.

"Sedangkan untuk mengantisipasi melintasnya penumpang yang termasuk dalam daftar cekal, sistem passenger analisis unit telah beroperasi untuk memverifikasi seseorang masuk ke dalam daftar cekal atau tidak dengan menggunakan kamera yang telah tersedia di setiap konter imigrasi," jelasnya.



Imigrasi juga menyediakan ruang tunggu tambahan dengan 100 tempat duduk bagi penumpang WNI maupun WNA yang ditempatkan di luar area pemeriksaan imigrasi guna mengurangi penumpukan antrean pada jam sibuk. Penumpang dapat mengambil air mineral gratis di ruang tunggu tersebut.

"Kendala kesisteman masih terus ditangani oleh tim dari Kementerian Kominfo. Imigrasi mengambil langkah-langkah untuk memaksimalkan layanan hingga sistem normal kembali," tutupnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)
pixels