alexametrics

Umur Calhaj Bervariasi, Tertua 105 Tahun, Termuda 17 Tahun

loading...
Umur Calhaj Bervariasi, Tertua 105 Tahun, Termuda 17 Tahun
Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Nizar Ali. Foto/Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Jumlah jamaah haji Indonesia tahun ini mencapai 231.000 orang atau terbanyak di dunia. Umur mereka bervariasi antara belasan hingga ratusan tahun.

Berdasarkan catatan Kementerian Agama (Kemenag), jamaah haji tertua berasal dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Perempuan bernama Rahma Alhasin ini berumur 105 tahun.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Nizar mengatakan, kemungkinan akan menyiapkan petugas khusus untuk menemani jemaah haji tertua ini. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, jemaah haji tertua kerap mendapatkan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi.



Layanan istimewa dari Pemerintah Arab Saudi seperti adanya penjemputan khusus, pengawalan bahkan ikut menjadi sorotan media setempat.

"Tahun kemarin jemaah haji tertua tak bisa bahasa Indonesia, jadi harus ada pendamping yang mendampingi satu orang satu, yang tahu bahasa lokal dan tahu bahasa Arab," katanya memberikan pembekalan petugas haji 1440 H/2019 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu (24/4/2019).

Sementara itu, calon jemaah haji termuda berasal dari Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. Namanya Putri. "Dia berumur 17 tahun. Namanya Putri dan dia ini sudah menikah," katanya.

Meski baru berumur 17 tahun, Putri tetap berhak pergi beribadah haji ke Tanah Suci status yang sudah menikah.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak