Politikus Gerindra Soroti Wacana Pemerintah Naikkan Cukai Hasil Tembakau

Minggu, 16 Juni 2024 - 15:20 WIB
loading...
Politikus Gerindra Soroti Wacana Pemerintah Naikkan Cukai Hasil Tembakau
Politikus Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyoroti rencana kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) yang saat ini sedang dibahas pemerintah. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) menyoroti rencana kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) yang saat ini sedang dibahas pemerintah. Dia mengingatkan pemerintah bijak soal tembakau karena kegiatan merokok sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat.

Sehingga, naiknya cukai rokok akan menyebabkan dampak sangat luas pada perekonomian wilayah sekitarnya. "70 persen pria Indonesia itu merokok. Itu sudah terjadi sejak zaman penjajahan dahulu. Bisa dikatakan merokok sudah menjadi bagian dari kegiatan ekonomi di Indonesia dan sudah menjadi budaya. Jika cukai rokok terus dinaikkan maka dampaknya bukan hanya dirasakan oleh perokok itu sendiri tapi juga ekosistem yang terhubung dengan perokok," ujar BHS, Minggu (16/6/2024).



Yang pertama terkena dampak adalah belanja rumah tangga yang akan berujung kepada semakin berkurangnya belanja bahan pangan bergizi kebutuhan keluarga.

"Para perokok tidak akan berhenti untuk membeli rokok. Apakah mereka mengurangi jumlahnya atau menurun ke rokok yang lebih murah, yang artinya akan memperluas pasar rokok ilegal atau mereka akan tetap membeli rokok yang sama walaupun dengan harga lebih mahal yang berkonsekuensi pada berkurangnya jatah belanja rumah tangga," ungkapnya.

Kalau belanja rumah tangga berkurang, maka pengatur belanja rumah tangga atau istri dari pria perokok akan mengurangi keperluan pribadi hingga kebutuhan rumah tangga.

"Jika yang dikurangi adalah belanja bahan pangan, maka besar kemungkinan akan berujung pada berkurangnya bahan nutrisi pada daftar belanja rumah tangga. Artinya, potensi stunting akan meningkat," kata BHS.

Dampak kedua, jika cukai naik dan pembeli rokok menurun maka akan mempengaruhi kelompok usaha yang selama ini terhubung dengan para perokok.

"Misalnya UMKM yang berkaitan dengan rokok. Mulai dari warung kopi yang identik sebagai para perokok untuk nongkrong, warteg, tempat makanan, yang jumlahnya jutaan di Indonesia. Belum lagi, tempat karaoke hingga tempat hiburan malam yang juga identik dengan para penikmat rokok. Kalau mereka tidak bisa merokok di tempat itu bisa dipastikan para pelaku usaha akan mengalami penurunan pengunjung. Bahkan, bisa jadi bangkrut, tidak ada pengunjung," ujarnya.

Dampak ketiga, jaringan industri rokok. Mulai dari pabrik rokok, buruh pabrik, petani tembakau, buruh di perkebunan tembakau, hingga pelaku usaha di sekitar pabrik rokok, yakni rumah sewa, pedagang makanan di sekitar pabrik, hingga warung kecil yang selama ini memenuhi kebutuhan buruh pabrik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)
pixels