KPU Gandeng KPK Atasi Politik Uang

Kamis, 04 April 2019 - 00:22 WIB
KPU Gandeng KPK Atasi Politik Uang
KPU Gandeng KPK Atasi Politik Uang
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan menyatakan pihaknya bekerjasama dengan Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) untuk mengatasi politik uang.

Wahyu mengatakan kerjasama itu diterjemahkan dalam bidang sosialisasi dan pendidikan pemilih. KPU dan KPK berharap pemilih dalam pemilu 2019 menjadi pemilih yang berdaulat, dimana salah satu aspek pemilih berdaulat dalam pandangan KPU dan KPK adalah pemilih yang dalam mengunakan hak pilihnya tidak dipengaruhi politik uang.

"Kerja sama antara KPU dan KPK akan fokus pada sosialisasi dan pendidikan pemilih terkait dengan perlawanan terhadap praktik politik yang pada Pemilu 2019. Kerjasama KPU dan KPK akan mengemukakan tagline "Pemilih Berdaulat Negara Kuat" dan "Pilih Yang Jujur"," ucap Wahyu melalui keterangan tertulisnya, Rabu (3/4/2018).

Kerjasama KPU dan KPK, sambungnya, akan dimulai pada kegiatan Pemilu Run 2019 yang akan dilaksanakan pada 7 April 2019. kegiatan Pemilu Run dipusatkan di Jakarta dan serentak dilaksanakan oleh KPU Privinsi, KIP kab kota, KIP di seluruh Indonesia

"Kerjasama kami juga akan dilaksanakan pada debat ke 5 pada 13 April 2019 dengan cara sosialisasi dan pendidikan pemilih melalui penayangan iklan layanan masyarakat," jelasnya.

Wahyu juga mengatakan pendidikan pemilih terkait dengan politik uang akan dilaksanakan secara berkesinambungan pasca pemilu 2019 melalui masing-masing program KPU dan KPK.

"Sebagai informasi KPU mempunyai program pendidikan pemilih berbasis keluarga dan KPK mempunyai program pendidikan anti korupsi berbasis keluarga," ungkapnya.

Begitupun dengan Juru Bicara KPK Febri Diansyah yang menyatakan KPK mendukung pemilu 2019 ini berjalan sukses dan menghasilkan pemimpin-pemimpin yang bisa berkontribusi positif di tugasnya.

"Pemilu Run akan menjadi sarana untuk memperkuat upaya kita bersama membentuk pemilu berintegritas. Karena itu, ada slogan pilih yang jujur yang kami usung bersama," ucapnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7759 seconds (0.1#10.140)