MUI Tanggapi Perbedaan Iduladha dengan Arab Saudi

Jum'at, 07 Juni 2024 - 22:31 WIB
loading...
MUI Tanggapi Perbedaan Iduladha dengan Arab Saudi
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Abdullah Jaidi. Foto/Widya Michella/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Arab Saudi telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1445 Hijriyah jatuh pada Minggu 16 Juni 2024. Sedangkan pemerintah Indonesia baru saja menetapkan Iduladha, 17 Juni 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Jaidi mengatakan keputusan itu merupakan keputusan bersama. Dari seluruh ormas-ormas Islam di Indonesia.

"Saudi Arabia sudah menetapkan 1 Zulhijjah dan Iduladha tanggal 16 Juni 2024. Tapi yang pertama kita umat Islam Indonesia seluruh ormas-ormas Islam sepakat bahwa 1 Zulhijjah jatuh esok hari dan Iduladha insya Allah sebagai hari raya kurban akan kita langsungkan 17 Juni 2024," kata KH Abdullah Jaidi, Jumat (7/6/2024).

Sehingga kini umat Islam tinggal menyemarakkan hari raya kurban sebagai rasa syukur terhadap Allah SWT.

"Kedua adalah menyemarakkan yaitu, idul kurban dengan kurban, penyembelihan hewan kurban sebagai menurut tuntunan agama kita, yaitu untuk berbagi kasih sayang kepada sesama muslim sesama tetangga sesama kerabat sesama kita, sehingga rasa kasih sayang ini kita wujudkan dalam kebersamaan, kehidupan kita," ucapnya.

Terakhir dia mengajak umat untuk menciptakan suasana kedamaian yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Sehingga apa yang kita harapkan kemudian hari akan bangsa kita ini jadi bangsa yang penuh kedamaian dan ketenangan dalam pelaksanaan kehidupan berbangsa dan bernegara," tutupnya.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)
pixels