Ditjen Bimas Hindu Luncurkan Maskot dan Jingle Utsawa Dharmagita Nasional XV

Kamis, 06 Juni 2024 - 17:25 WIB
loading...
Ditjen Bimas Hindu Luncurkan Maskot dan Jingle Utsawa Dharmagita Nasional XV
Ditjen Bimas Hindu Kemenag meluncurkan maskot dan jingle untuk perhelatan Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu (Ditjen Bimas Hindu) Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan maskot dan jingle untuk perhelatan Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XV Tahun 2024. Rencananya perhelatan tersebut digelar di Surakarta, Jawa Tengah.

Tahun 2024 ini ajang Utsawa Dharmagita mengusung maskot 'Hanoman dengan nama Maruti' dan tema 'Dharmagita dari Paramaçastra menuju Paramatattva'.

Maskot dan jingle UDG Nasional XV 2024 tersebut diluncurkan secara resmi oleh Dirjen Bimas Hindu I Nengah Duija di ruang studio Ditjen Bimas Hindu Kemenag, Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat.



Kegiatan peluncuran itu diikuti secara luring oleh beberapa eselon 1 Ditjen Bimas Hindu dan diikuti secara daring oleh Kabid Bimas Hindu se-Indonesia, Ketua LPDG Provinsi se-Indonesia serta Official UDG Provinsi se-Indonesia.

Acara peluncuran ini sekaligus menandai akan dimulainya perhelatan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional yang dilaksanakan sekali dalam tiga tahun. Pada tahun ini, kegiatan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional akan digelar di Surakarta pada 8-12 Juli 2024. Ajang Utsawa ini akan diikuti oleh para peserta/utusan dari Provinsi di seluruh Indonesia.



Duija mengatakan, Utsawa Dharmagita (UDG) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran kitab suci Weda beserta susastra Hindu dalam upaya memperkokoh karakter bangsa.

Selain itu juga untuk meningkatkan śraddha dan bhakti umat Hindu, memperkuat sikap moderasi beragama guna meningkatkan kerukunan umat beragama dan meningkatnya kajian kitab suci Veda dan Susastra Veda dalam mendukung pembangunan literasi bangsa.

Sebagai informasi, Dharmagīta adalah seni melafalkan kitab-kitab suci Weda. Nilai-nilai ajaran agama Hindu yang adiluhur tersirat di dalam kitab suci dan kitab-kitab susastra Hindu, baik yang berbahasa Sansekerta, Jawa Kuno maupun yang berbahasa daerah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3568 seconds (0.1#10.140)
pixels