Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin, Siapa Penggantinya?

Kamis, 06 Juni 2024 - 05:36 WIB
loading...
Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin, Siapa Penggantinya?
Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin yang diulas dalam artikel ini menarik untuk diketahui. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin yang diulas dalam artikel ini menarik untuk diketahui. Pemilik nama lengkap Sanitiar Burhanuddin ini dilantik sebagai Jaksa Agung pengganti HM Prasetyo pada Rabu (23/10/2019).

Pelantikannya dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat bersamaan dengan pelantikan menteri-menteri kabinet Indonesia Maju. Dia menempuh pendidikan S1 di Universitas 17 Agustus di Semarang.

Kemudian, S2 di Sekolah Tinggi Manajemen Labora di DKI Jakarta dan S3 di Universitas Satyagama di DKI Jakarta. Pria kelahiran Cirebon, 17 Juli 1954 ini mengikuti pendidikan pembentukan jaksa pada 1991.





Berbagai jabatan strategis di Korps Adhyaksa pernah diembannya, salah satunya menjabat sebagai Kajari Bangko Jambi pada 1999. Selain itu, Aspidum Kejati Jambi, Aspidsus Kejati NAD, Kajari Cilacap, Aswas Kejati Jawa Barat, dan Wakajati NAD.

Kariernya pun makin cemerlang. Dia dipromosikan menjadi Direktur Eksekusi dan Eksaminasi Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) pada 2007.

Kemudian, adik dari anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tubagus (TB) Hasanuddin ini pun pernah mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Satya XX dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2007.

Profil Jaksa Agung ST Burhanuddin, Siapa Penggantinya?

Foto/Dok Kejagung



Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)
pixels