Diresmikan Jokowi, Bendungan Sepaku Semoi Suplai Kebutuhan Air di IKN

Rabu, 05 Juni 2024 - 23:19 WIB
loading...
Diresmikan Jokowi, Bendungan Sepaku Semoi Suplai Kebutuhan Air di IKN
Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kalimantan Timur. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi ) meresmikan pengoperasian Bendungan Sepaku Semoi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Selasa, 4 Juni 2024. Bendungan tersebut dibangun sebagai penyuplai utama bahan baku air minum untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Alhamdulillah Bendungan Sepaku Semoi sudah diresmikan Presiden Jokowi," kata Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik saat mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian bendungan tersebut.

Bendungan Sepaku Semoi akan memenuhi kebutuhan air IKN sebesar 2.000 liter per detik dan Balikpapan 500 liter per detik. Bendungan ini sekaligus menjadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan air Kota Balikpapan yang semakin padat di masa depan. Apalagi Balikpapan hanya mengandalkan antisipasi



"Semoga Bendungan Sepaku Semoi ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat IKN dan sekitarnya,” tambah Akmal.

Bendungan Sepaku Semoi sebagai infrastruktur dasar IKN mulai dibangun sejak 2020 dan proses impounding atau pengisian awal bendungan pada 2023. Pembangunan bendungan tersebut menelan biaya Rp836 miliar dengan volume tampungan 16,17 juta meter kubik dan luas genangan 322 hektare.



Bendungan ini juga dirancang untuk mampu mereduksi banjir seluas kurang lebih 1.700 hektare di Kecamatan Sepaku dan diproyeksikan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kaltim. Peresmian juga dirangkai dengan pelepasan bibit ikan di Bendungan Sepaku Semoi.

Saat peresmian, Presiden Joko Widodo didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga selaku Plt Kepala Otorita IKN, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni (Plt Wakil Kepala OIKN), Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik dan Pj Bupati PPU Makmur Marbun, serta jajaran Kementerian PUPR, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan pelajar SD dan SMP PPU.

Sebelum meresmikan Bendungan Sepaku Semoi, Jokowi juga meresmikan Pusat Persemaian Skala Besar Mentawir. "Ini bukti kuat komitmen Pemerintah Indonesia terhadap perubahan iklim global dan mewujudkan ekonomi hijau," tegasnya.

Jokowi mengatakan pemerintah mencanangkan program menanam sejuta pohon. Tetapi belum ada produsen yang mampu memproduksi bibit pohon dalam jumlah sangat besar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)
pixels