Dapat Pesan dari Jokowi, Pansel Janji Cari Capim KPK Berintegritas Tinggi

Jum'at, 31 Mei 2024 - 21:56 WIB
loading...
Dapat Pesan dari Jokowi, Pansel Janji Cari Capim KPK Berintegritas Tinggi
Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh mengaku mendapatkan pesan dari Presiden Jokowi terkait proses seleksi Capim KPK. Foto/SINDOnews/riyan rizki roshali
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk 9 orang Panitia Seleksi Calon Pimpinan (Pansel Capim) dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Periode 2024-2029. Pansel Capim KPK komitmen mencari calon pemimpin lembaga antirasuah yang memiliki integritas tinggi.

Ketua Pansel KPK Muhammad Yusuf Ateh mengaku mendapatkan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait proses seleksi Capim KPK. “Kami baru saja mendapat Keppres tadi dari Sekretariat. Jadi kami ini berdelapan juga baru ketemu dan belum bertemu dengan pak Presiden. Ini pak Presiden tentu belum memberikan arahan cuma memang ada pesan yang disampaikan,” ucapnya, Jumat (31/5/2024).

Meski begitu, Yusuf tidak menjelaskan secara gamblang terkait arahan yang diberikan oleh Presiden Jokowi. Yusuf hanya menegaskan, pihaknya akan mencari Capim dan Dewas KPK yang memiliki integritas tinggi.



“Tentu kita akan cari pimpinan KPK yang pertama tentu punya integritas tinggi dan sebagainya nanti masih akan dirumuskan kembali dengan mendengar masukan-masukan dari publik,” ujar dia.

Yusuf menyadari adanya sorotan tajam dari publik terhadap KPK. Oleh karena itu, Yusuf akan meminta masukan dari publik hingga pegiat antikorupsi agar nantinya proses seleksi berjalan dengan baik.



“Kami ini baru pertama kali, rapat pertama kali ini baru lihat tugasnya apa dan sebagainya, tapi dalam jadwal yang nanti akan kami bahas, kita akan meminta masukan dari berbagai pihak termasuk dari media-media. Kemudian dari para akademisi, para ormas, LSM dan sebagainya termasuk pegiat antikorupsi dan sebagainya,” jelasnya.

Sebagai informasi, Pansel akan membuka pendaftaran bagi Calon Pimpinan dan Calon Dewas KPK pada 26 Juni 2024 mendatang. “Pendaftaran akan dimulai pada tanggal 26 Juni sampai dengan 15 Juli 2024,” katanya.

Pansel Capim KPK akan menyampaikan pengumuman pendaftaran calon pimpinan dan calon Dewas KPK pada 4 hingga 25 Juni 2024. Nantinya, pengumuman akan disampaikan di media sosial hingga laman resmi KPK.

“Panitia Seleksi mengundang Warga Negara Indonesia untuk mendaftar sebagai Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan Tahun 2024-2029. Pengumuman pendaftaran Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK masa jabatan 2024-2029 dimuat pada media cetak, media elektronik, laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi https://kpk.go.id dan laman resmi Kementerian Sekretariat Negara https://www.setneg.go.id/ sejak tanggal 4-25 Juni 2024,” jelasnya.
(cip)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)
pixels