alexametrics

KPK Sita Ratusan Juta Rupiah dari OTT Rommy di Jatim

loading...
KPK Sita Ratusan Juta Rupiah dari OTT Rommy di Jatim
Petugas KPK mengamankan Ketua Umum PPP, Romahurmuziy alias Rommy dan enam orang lainnya di Jawa Timur. Foto/SINDOphoto/Sutikno
A+ A-
JAKARTA - Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy alias Rommy dan enam orang lainnya di Jawa Timur. Enam orang dibawa ke Jakarta termasuk Rommy untuk menjalani proses lanjutan di Gedung KPK.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan Rommy diamankan petugas KPK lantaran diduga terkait kasus suap pengisian jabatan tinggi di Kementerian Agama (Kemenag).

"Pimpinan tinggi ada beberapa lapis-lapisnya, ya itu bisa di bawah pimpinan tinggi, bisa di pusat, bisa di daerah misalnya kalau di daerah. Kalau di daerah Kan ada Kanwil atau jabatan-jabatan yang lain," ujar Febri saat dikonfirmasi, Sabtu (16/3/2019).

(Baca juga: Rommy Tiba di Gedung KPK Kenakan Jaket dan Kacamata Hitam)




Meski masih proses penyelidikan untuk diketahui status para pihak yang diamankan, Febri mengatakan penangkapan ini diduga terkait pengisian jabatan di Kemenag. Karenanya untuk kepentingan penyelidikan maka dilakukan tindakan penyegelan di ruang kerja Menag, Lukman Hakim Saifuddin dan ruang kerja Sekjen Kemenag, M Nur Kholis Setiawan.

Febri menjelaskan lebih lanjut, dalam perkara ini adalah pengisian jabatan di Kemenag di mana pejabat Kemenag juga berada di daerah. "Nah dalam konteks kali ini yang diamankan pejabat Kemenag di Jawa Timur yang diamankan di Jawa Timur tadi pagi dengan pejabat Kemenag di daerah," jelasnya.

Dalam perkara ini, tambah dia tim KPK saat melakukan tangkap tangan terhadap Rommy menyita barang bukti uang ratusan juta rupiah yang diduga sebagai barang bukti. "Seratusan juta yang diamankan di lokasi dalam bentuk mata uang rupiah," ungkap Febri tanpa merinci lebih lanjut berapa total uang yang berhasil disita petugas KPK.
(kri)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak