Tak Lama Lagi PKS Tentukan Sikap Koalisi atau Oposisi di Pemerintahan Prabowo

Selasa, 28 Mei 2024 - 17:18 WIB
loading...
Tak Lama Lagi PKS Tentukan Sikap Koalisi atau Oposisi di Pemerintahan Prabowo
Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum menentukan sikap apakah bakal menjadi oposisi atau koalisi pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. PKS bakal segera mengumumkan posisi partai.

Keputusan sikap politik PKS pada pemerintahan atau di luar pemerintahan menjadi wewenang Majelis Syura PKS.

"Belum (tentukan sikap politik). Tunggu aja nanti, dalam waktu yang tidak lama. Insya Allah," kata Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid, Selasa (28/5/2024).



Saat disinggung awak media apakah keputusan itu bakal diumumkan dalam satu atau dua bulan ke depan, ia tak merinci. Wakil Ketua MPR itu hanya berkelakar jika PKS akan mengumumkan sikap sebelum Prabowo dan Gibran dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

"Yang pasti (diumumkan) sebelum Oktober," tambahnya.

Partai lainnya yang belum menentukan sikap terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran ialah PDIP. Padahal, PDIP sebelumnya telah menggembor-gemborkan ditentukannya sikap itu akan diumumkan pada Rakernas V PDIP yang digelar 24-26 Mei 2024.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menyebut sikap politik itu tentunya ditunggu banyak orang apakah PDIP akan berada di pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka atau tidak.

Megawati hanya menegaskan kalau sikap partai selalu mengutamakan kepentingan rakyat di atas segalanya.

"Sikap politik PDIP didasarkan pada pemikiran mana yang akan membawa bangsa menjadi lebih baik, berdaulat, dan lebih berdiri di atas kaki sendiri. Itulah landasan pilihan sikap, sikap, sikap politik kita," ujar Megawati dalam pidatonya di penutupan Rakernas itu.
(maf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)
pixels