Tugas dan Fungsi Kostrad, Satuan Elite TNI AD yang Disegani

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:54 WIB
loading...
Tugas dan Fungsi Kostrad, Satuan Elite TNI AD yang Disegani
Sebanyak 300 Prajurit Yonif 501/BY/18/2/Kostrad melaksanakan Latihan Terjun Taktis dalam rangkaian Latihan Taktis Tingkat Batalyon di Wilayah Desa Srengat, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Senin (27/11/2023). FOTO/DOK.TNI AD
A A A
JAKARTA - Kostrad merupakan singkatan dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat. Satuan ini menjadi salah satu pasukan elite yang dimiliki TNI Angkatan Darat (AD).

Menurut sejarah, inisiasi pembentukan Kostrad dilakukan Jenderal AH Nasution sekitar akhir 1960. Waktu itu, para pimpinan Angkatan Darat menganggap perlunya dibentuk satuan militer yang bersifat mobile berkemampuan lintas udara (linud) yang siap tempur.

Sebagai realisasi, keluarlah SKEP KSAD No KPTS.1067/12/1960 tgl 27 Desember 1960. Kemudian, pada 6 Maret 1961 diresmikan Cadangan Umum Angkatan Darat (CADUAD) dengan Mayjen TNI Soeharto sebagai Panglima KORRA I CADUAD, sementara kepala stafnya dijabat oleh Brigjen TNI Ahmad Wiranata Kusuma.



Pada perkembangannya, CADUAD berubah nama menjadi Kostrad. Adapun tugas pokoknya untuk melaksanakan operasi militer, baik secara mandiri maupun dalam suatu operasi gabungan dalam rangka mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebagaimana pasukan elite TNI lain, Kostrad juga memiliki tugas dan fungsinya sendiri. Berikut ini informasinya yang bisa disimak.

Tugas dan Fungsi Kostrad

Mengutip laman resmi Kostrad dijelaskan, tugas pokok Kostrad adalah membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya dan menyelenggarakan operasi pertahanan tingkat strategis sesuai dengan kebijaksanaan Panglima TNI. Sementara untuk fungsinya sendiri terbagi menjadi dua bagian. Masing-masing adalah fungsi utama dan fungsi organik TNI AD.

Fungsi Utama

a. Operasi Militer untuk Perang (OMP)

- Operasi Gabungan: Menyelenggarakan operasi gabungan dalam bentuk operasi pertahanan udara dan operasi pertahanan pantai bersama matra lain dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad.

- Operasi Matra Darat: Menyelenggarakan operasi matra darat yang berbentuk Operasi Serangan, Operasi Pergantian, Operasi dengan pengaruh Nubika, Operasi Pernika hingga Operasi Mobil Udara dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad.

- Operasi Bantuan: Menyelenggarakan operasi bantuan dalam bentuk operasi bantuan pertahanan udara dan operasi bantuan penyekatan bersama matra lain serta operasi bantuan intelijen dan operasi bantuan raid dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad.

b. Operasi Militer Selain Perang (OMSP)

- Bersifat tempur: Menyelenggarakan OMSP bersifat tempur dalam bentuk operasi mengatasi gerakan separatis bersenjata, operasi mengatasi pemberontakan bersenjata, operasi mengatasi aksi terorisme, operasi pengamanan wilayah perbatasan, operasi pengamanan objek vital nasional yang bersifat strategis hingga operasi melaksanakan tugas perdamaian dunia dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad.

- Bersifat nontempur: Menyelenggarakan OMSP bersifat non tempur dalam bentuk operasi membantu menanggulangi akibat bencana alam dan operasi membantu pencarian dan pertolongan (search and rescue) dalam rangka mendukung tugas pokok Kostrad.

Demikianlah ulasan mengenai tugas dan fungsi Kostrad yang perlu diketahui.
(abd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)
pixels