Paslon 02 Diklaim Kuasai 12 Wilayah Jabar, Pengamat: Penggiringan Opini

Sabtu, 16 Februari 2019 - 05:49 WIB
Paslon 02 Diklaim Kuasai 12 Wilayah Jabar, Pengamat: Penggiringan Opini
Paslon 02 Diklaim Kuasai 12 Wilayah Jabar, Pengamat: Penggiringan Opini
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno diklaim unggul di 12 kabupaten/kota di Jawa Barat. Hal itu berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan oleh salah satu surat kabar lokal di Bogor.

Peneliti Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, menilai simulasi 12 daerah itu tidak menggambarkan hasil keseluruhan di Jawa Barat dan unggul secara nasional. Menurutnya, klaim itu hanyalah simulasi di 12 kabupaten dan responden yang digunakan tidak proporsional.

"Harusnya kan proporsional. Harusnya dilakukan secara personal agar tidak bias pada segmen tertentu. Simulasi surat suara itu berpotensi bias pada segmen pemilih tertentu," kata Karyono Jumat, 15 Februari 2019.

Karyono menduga simulasi 12 daerah itu dilakukan di kabupaten atau di daerah yang merupakan lumbung suara Prabowo, sehingga hasilnya Prabowo-Sandi unggul di sana.

"Dilakukan sedemikian rupa untuk memengaruhi opini publik seolah-olah Prabowo menguasai seluruh Jawa Barat. Ini digunakan untuk framing memengaruhi masyarakat," jelas Karyono.

Hal senada juga dikatakan peneliti Formappi, Lucius Karus. Dia berpendapat, hasil simulasi tersebut hanyalah framing belaka. Lucius memprediksi hasil Pilpres 2019 tidak akan berbeda jauh dari hasil Pilpres 2014.

"Ini jelas ada framing dan pengambilan judul ini sudah jelas ada skenario. Ada 'angin surga' untuk Prabowo, dan sebenarnya ini peringatan khusus bagi Prabowo bahwa daerah itu sudah jelas pendukungnya dari 2014," kata Lucius.

Sementara itu, aktivis Barisan Umat Islam Kaffah, Akbar Maulana, menilai ada pihak yang memberikan angin surga kepada paslon nomor urut 02. "Ada permainan framing seolah-olah nomor 02 unggul di 12 daerah dan itu tidak bisa jadi jaminan. Ada yang beri 'angin surga' supaya senang saja. APS (Asal Prabowo Senang)," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4272 seconds (0.1#10.140)